[SALAH] Pemain Ligue 1 Prancis Lakukan Aksi Teatrikal Sindir Penggunaan Gas Air Mata di Tragedi Kanjuruhan

“Para pemain Ligue 1 Prancis ikutan protes tragedi gas air mata di Indonesia. Pekan ke-9 Ligue 1 Prancis antara Toulouse Vs Montpellier disuguhi aksi teatrikal para pemain dengan menutup hidung dengan jersey, Senin (3/10).Respect from France. Para pemain liga Perancis ikut teatrikal tutup hidung dengan jersey sebagai bentuk penghormatan kepada Aremania atas Gas Air Mata diluar regulasi FIFA.”

Sebuah video beredar di Tiktok yang diunggah oleh akun bernama @infoviral99 membuat narasi bahwa pemain Toulouse dan Montpellier di Ligue 1 Prancis melakukan aksi teatrikal menyindir aksi pihak keamanan menggunakan gas air mata di Tragedi Kanjuruhan. Faktanya, video tersebut memang pertandingan Ligue 1 (Liga Prancis) antara Toulouse Montpellier yang sempat dihentikan karena adanya pelemparan gas air mata oleh suporter.Gas air mata tersebut tertiup ke arah lapangan dan terhirup oleh para pemain, sehingga pertandingan sempat dihentikan. Namun, pertandingan dapat dilanjutkan setelah gas air mata menguap.Video asli dari unggahan tersebut dapat ditemukan di unggahan @btsportfootball Twitter dengan narasi “Shocking scenes in France. The Ligue 1 match between Toulouse and Montpellier has been momentarily halted, reportedly due to the release of tear gas on the pitch”. Artinya yaitu “Kejadian mengejutkan di Prancis. Pertandingan Ligue 1 antara Toulouse dan Montpellier telah dihentikan sejenak, dilaporkan karena pelepasan gas air mata di lapangan”. Dengan demikian narasi yang menyebutkan bahwa pemain Ligue 1 Prancis lakukan aksi sindir penggunaan gas air mata di tragedi Kanjuruhan termasuk dalam kategori konteks yang salah.

Hasil periksa fakta oleh Alifia Nayla Klaim tersebut tidak benar. Faktanya, pertandingan memang sempat dihentikan karena adanya gas air mata di lapangan.

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5092125/cek-fakta-tidak-benar-pemain-ligue-1-prancis-lakukan-aksi-teatrikal-sindir-penggunaan-gas-air-mata-di-tragedi-kanjuruhanhttps://twitter.com/btsportfootball/status/1576579978975739904?

Publish date : 2022-11-07