[SALAH] Panda Merah Mati Setelah Diberi Dosis Vaksin Covid-19

Sebuah akun Twitter membagikan gambar yang berisi dua tangkapan layar berita, pertama terkait pemberian vaksinasi kepada hewan di Kebun Binatang Toronto dan yang kedua terkait kematian panda merah yang baru berusia 3 bulan, diketahui panda merah yang mati tersebut bernama Dash. Dalam unggahan Twitternya disematkan narasi “mereka membunuh panda merah” narasi tersebut mengartikan bahwa panda merah tersebut mengalami kematian akibat pemberian vaksinasi Covid-19.

Setelah ditelusuri, informasi tersebut salah. Faktanya, di saat kematiannya, Dash belum pernah divaksinasi, hal tersebut dikonfirmasi oleh pihak Kebun Binatang Toronto melalui Twitter resminya, @TheTorontoZoo. Dalam informasi resminya juga menyatakan bahwa pemberian vaksinasi kepada hewan justru terbukti efektif daripada yang belum diberikan vaksinasi. Selain itu, menurut worldwildlife.org, panda merah memang sedang mengalami ancaman kepunahan karena perubahan iklim dan aktivitas manusia yang berdampak pada hutan habitat tempat panda merah tinggal. Dilansir dari kompas.com, peneliti The University of Queensland menyebut kondisi tersebut menyebabkan resiko kematian panda merah meningkat dan dapat menurunkan populasi panda merah untuk jangka panjang. Dengan demikian, panda merah mati setelah diberi dosis vaksin Covid-19 merupakan hoax dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell Klaim tersebut salah, faktanya panda merah yang mati di Kebun Binatang Toronto belum diberikan vaksinasi Covid-19. Melalui Twitter resmi Kebun Binatang Totonto (@TheTorontoZoo), mengonfirmasi bahwa informasi tersebut menyesatkan, justru pemberian vaksinasi terhadap hewan yang mereka pelihara terbukti efektif.

https://apnews.com/article/fact-check-toronto-zoo-red-panda-cub-death-covid-vaccine-270184958439?utm_campaign=SocialFlow&utm_medium=APFactCheck&utm_source=Twitter https://www.worldwildlife.org/stories/red-pandas-climate-change-and-the-fight-to-save-forests https://www.kompas.com/sains/read/2022/06/09/110500823/panda-merah-terancam-punah-ini-saran-ahli-untuk-menyelamatkannya?page=all

Publish date : 2022-11-06