[SALAH] Katy Perry terkena Ramsay Hunt Syndrome

Beredar video konser Katy Perry yang menampilkan mata kanannya sulit terbuka beberapa saat. Video viral tersebut mengklaim bahwa Katy Perry terkena Ramsay Hunt Syndrome seperti Justin Bieber akibat Vaksin Covid-19.

Setelah ditelusuri, melalui akun instagramnya Katy menjelaskan bahwa aksi mata kanan tertutup dan sulit dibuka tersebut adalah trik boneka rusak. “Datanglah lihat trik pesta mata boneka rusak saya secara nyata di Vegas tahun depan!” tulisnya pada Jumat (28/10/2022) dalam terjemahan bahasa Indonesia. Dikutip dari Kompas.com mata kanan Katy yang tertutup perlahan itu memang sengaja dia lakukan untuk membuat kesan boneka rusak. Katy tidak menyebut mengenai masalah kesehatan terkait trik mata itu. Berdasarkan penjelasan di atas klaim terkait Katy Perry terkena Ramsay Hunt Syndrome, adalah keliru dan termasuk dalam kategori konteks yang salah.

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada) Katy Perry melalui akun instagramnya menyebutkan, mata kanannya yang menutup itu adalah trik. Tidak ada kaitan antara trik itu dengan vaksin Covid-19.

https://www.instagram.com/reel/CkOmjDWsada/?igshid=YmMyMTA2M2Y= https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/10/31/195900582/-hoaks-mata-katy-perry-bermasalah-akibat-efek-samping-vaksin?page=all

Publish date : 2022-11-05