[SALAH] Artikel Kecelakaan Mobil Rombongan Ibu-Ibu Senam Masuk Jurang di Aceh

“Kejadian Malam ini 11 Orang Meningal. Bus Ibu-ibu Senam Masuk ke Jurang. 3 diantaranya Hamil Muda.”

Akun Facebook Nor Hidayah pada 20 Oktober memposting sebuah tautan artikel dengan judul “Kejadian Malam Ini, 11 Meninggal. Bus Ibu-ibu senam masuk ke jurang. 3 diantaranya hamil muda”. Terdapat gambar mobil yang masuk ke jurang dan terdapat beberapa orang di dekat mobil. Dalam artikel tersebut menjelaskan ada sebuah kecelakaan yang mana mobil rombongan ibu-ibu senam masuk ke jurang saat turun dari arah objek wisata Pantan Terong melaju. Setelah ditelusuri melalui Yandex, gambar tersebut merupakan gambar milik Antara dan sudah ada sejak 2021 informasi tersebut berdasarkan artikel berjudul “Polisi sebut jalan lokasi kecelakaan di Sumedang bukan untuk bus” karena gambar pada artikel tersebut identik dengan gambar artikel postingan Facebook. Gambar tersebut dipotret oleh Bagus Ahmad Rizaldi saat petugas mengevakuasi korban dari bus yang terperosok di jalur alternatif Garut-Sumedang via Wado, Kabupaten Sumedang. Lebih lanjut pada artikel yang diposting Nor Hidayah disebutkan kecelakaan terjadi di daerah objek wisata Pantan Terong yang setelah ditelusuri objek wisata tersebut berada di Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Sedangkan gambar kecelakaan yang asli berlokasi di jalur alternatif Garut-Sumedang via Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kendaraan yang mengalami kecelakaan merupakan bus pariwisata bukan mobil minibus Isuzu Jumbo. Dengan demikian gambar yang digunakan pada artikel dalam postingan Facebook bukan gambar kecelakaan mobil rombongan ibu ibu senam masuk ke jurang di Aceh. Gambar tersebut merupakan kecelakaan di jalur alternatif Garut-Sumedang via Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, sehingga masuk dalam kategori konteks yang salah.

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta). Gambar pada artikel tersebut bukan kecelakaan mobil minibus di daerah Aceh. Faktanya, gambar tersebut sudah ada sejak 2021 dan merupakan kecelakaan bus pariwisata di jalur alternatif Garut-Sumedang via Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

https://www.antaranews.com/berita/2037630/polisi-sebut-jalan-lokasi-kecelakaan-di-sumedang-bukan-untuk-bus https://travel.kompas.com/read/2018/12/26/121500027/bersantai-ditemani-awan-di-ketinggian-pantan-terong?page=a

Publish date : 2022-10-31