[SALAH] Video Barack Obama Meresmikan Foto Anies Baswedan

Beredar video di TikTok yang menampilkan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama sedang meresmikan foto mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam video terlihat Barack Obama membuka penutup besar yang merupakan bingkai dari foto Anies Baswedan.

Setelah ditelusuri, video tersebut telah dimanipulasi. Faktanya, video asli dalam acara yang sama menunjukkan bukan foto Anies Baswedan yang dibuka oleh Barack Obama, melainkan sedang membuka lukisan besar potret dirinya. Pada kesempatan tersebut, Barack Obama meresmikan lukisan dirinya di Smithsonian Institution, Washington, DC, pada tahun 2018. Kemudian foto yang digunakan dari hasil manipulasi foto Anies Baswedan tersebut diambil pada saat dirinya sedang menghadiri pertemuan virtual C40 Cities pada April 2021. Dengan demikian, Video Barack Obama Meresmikan Foto Anies Baswedan merupakan hoax dengan kategori Satire/Parodi.

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell Klaim tersebut salah dan sudah dimanipulasi, faktanya dalam video asli Barack Obama meresmikan lukisan gambar dirinya di Smithsonian Institution, Washington, DC, pada tahun 2018. Tidak ada kaitannya dengan foto Anies Baswedan. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.32LR4ZB

Publish date : 2022-10-28