[SALAH] Video “Supporter Arema turun ke jalan melampiaskan ketidakpuasan nya terhadap PSSI & Aparat Hukum”

Akun Twitter dengan nama pengguna “kr1t1kp3d45_pro” mengunggah sebuah video yang menunjukkan kondisi saat demonstrasi tengah berlangsung. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa demonstrasi dilakukan oleh suporter Arema untuk memprotes kebijakan PSSI dan apparat hukum.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video demonstrasi yang dilakukan oleh suporter Arema. Faktanya, video tersebut merupakan video demonstrasi yang dilakukan oleh Bonek atau suporter Persebaya pada November 2021 atas dugaan mafia bola yang dilakukan oleh wasit. Video serupa yang diambil dari sudut berbeda telah diunggah oleh kanal YouTube “SPECIALS ID35” pada 25 November 2021 lalu dengan judul video “Ribuan Bonek Hijaukan Grahadi untuk Revolusi Sepakbola Indonesia part 1”. Potongan video yang serupa dapat dilihat pada menit 1:45 hingga 2:06. Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “kr1t1kp3d45_pro” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A. Bukan video demonstrasi yang dilakukan oleh suporter Arema. Faktanya, video tersebut merupakan video demonstrasi yang dilakukan oleh Bonek atau suporter Persebaya pada November 2021 atas dugaan mafia bola yang dilakukan oleh wasit.

https://www.youtube.com/watch?v=vK9KAq-N62w https://surabaya.liputan6.com/read/4720510/ribuan-bonek-hijaukan-grahadi-surabaya-demo-tolak-mafia-bola

Publish date : 2022-10-27