[SALAH] Artikel “Polisi Benarkan Ada Upaya dari FPI dalam Penyebar Kaos & Atribut PKI”

Akun Twitter dengan nama pengguna “mumungwisnu_1” mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar yang menunjukkan artikel berjudul “Polisi Benarkan Ada Upaya dari FPI dalam Penyebar Kaos & Atribut PKI”. Di gambar yang diunggah, terdapat foto dua pemuda sedang memegang kaus merah dengan gambar palu arit berwarna kuning.

Berdasarkan hasil penelusuran, judul artikel tersebut merupakan hasil suntingan. Faktanya judul asli artikel tersebut adalah “Polisi Benarkan Semarang Jadi Lokasi Penyebaran Kaus dan Atribut PKI”. Artikel yang dimuat di situs tribunnews.com pada 11 Mei 2016 itu, sama sekali tidak menyebut organisasi FPI. Narasi serupa telah beredar pada tahun 2020 lalu. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] “Polisi Benarkan Ada Upaya dari FPI dalam Penyebar Kaos & Atribut PKI”” yang diunggah pada 1 Juni 2020. Berdasarkan informasi di atas, artikel “Polisi Benarkan Ada Upaya dari FPI dalam Penyebar Kaos & Atribut PKI” adalah hoaks dan masuk kategori Konten yang Menyesatkan.

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo. Hoaks Lama Beredar Kembali (HLBK). Judul artikel tersebut sudah melalui proses penyuntingan, judul asli artikel tersebut adalah “Polisi Benarkan Semarang Jadi Lokasi Penyebaran Kaus dan Atribut PKI”.

https://www.tribunnews.com/…/polisi-benarkan-semarang… https://turnbackhoax.id/2020/06/01/salah-polisi-benarkan-ada-upaya-dari-fpi-dalam-penyebar-kaos-atribut-pki/

Publish date : 2022-10-27