[SALAH] Foto Buaya Berenang Dalam Rumah yang Terendam Banjir Setelah Badai di Florida

“Someone sent my this picture, of a gator swimming through some one living room, after Harricane Ian. Charlie and I were thinking of moving to Florida Terjemahan: “Seseorang mengirim foto saya ini, seekor buaya berenang melalui ruang tamu, setelah Badai Ian. Charlie dan saya berpikir untuk pindah ke Florida”

Beredar sebuah foto di media sosial yang diklaim merupakan buaya masuk ke dalam rumah warga yang terendam banjir setelah Badai Ian di Florida pada akhir September 2022 lalu. Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, foto yang dibagikan tersebut merupakan hasil manipulasi dari gambar yang berbeda. Dilansir dari AFP, foto buaya yang disunting pada gambar ruang tamu yang terendam banjir tersebut sudah lama beredar sejak 2010 yang merupakan foto buaya air asin dari Australia. Foto buaya yang sama juga pernah dipublikasi oleh dailymail.co.uk sejak Agustus 2014. Dengan demikian, foto buaya berenang dalam rumah yang terendam banjir setelah Badai di Florida merupakan hoax dengan kategori Satire/Parodi.

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell Klaim tersebut salah, faktanya foto tersebut merupakan hasil manipulasi dari foto buaya lain dari Australia dan sudah lama beredar di internet sejak 2010.

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32KT6D7 https://www.dailymail.co.uk/news/article-2718627/Brutus-giant-croc-pictured-eating-bull-shark-star.html

Publish date : 2022-10-22