[SALAH] Infografis Larangan Bagi Pendatang Asing di Qatar Selama Piala Dunia 2022

“’Qatar welcome you’ Qatar releases their rules for the world cup 2022, looks fun” “Qatar dun drop rules and regulations for World Cup” Terjemahan: “’Qatar menyambutmu’ Qatar merilis aturan mereka untuk piala dunia 2022, terlihat menyenangkan” “Qatar menetapkan aturan dan regulasi untuk World Cup”

Beredar infografis di Twitter yang disebut-sebut merupakan aturan dan regulasi dari pemerintah Qatar bagi warga asing yang datang selama Piala Dunia 2022 di Qatar berlangsung. Dalam infografis tersebut berisi bagaimana berperilaku larangan-larangan selama Piala Dunia berlangsung di Qatar, seperti larangan alkohol, homoseksualitas, dan berkencan. Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, pemerintah Qatar tidak pernah mengeluarkan aturan dan regulasi tersebut. Infografis tersebut tersebar dari kampanye #ReflectYourRespect yang dikampanyekan warga lokal Qatar di Twitter, bukan aturan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Qatar. Kampanye #ReflectYourRespect yang berisi larangan tersebut dimaksudkan untuk menghormati masyarakat lokal Qatar yang mayoritas beragama Islam. Sebagai penyelenggara, Qatar melalui Twitter official account for Qatar’s FIFA World Cup 2022 menyatakan bahwa infografis “Qatar Welcomes You” yang beredar di media sosial bukan dari sumber resmi dan berisi informasi yang tidak benar. “penyelenggara turnamen sudah jelas sejak awal bahwa setiap orang dipersilakan untuk mengunjungi Qatar dan menikmati Piala Dunia FIFA 2022. Qatar selalu menjadi negara yang terbuka, toleran, dan ramah. Penggemar dan pengunjung internasional selama Piala Dunia FIFA akan merasakan pengalaman ini secara langsung,” tulis pernyataan resmi Qatar melalui akun resminya untuk Qatar’s FIFA World Cup 2022. Dengan demikian, infografis larangan bagi pendatang asing di Qatar Selama Piala Dunia FIFA 2022 merupakan hoax dengan kategori Konteks yang Salah.

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell Klaim tersebut salah, faktanya Infografis tersebut merupakan kampanye #ReflectYourRespect yang dikampanyekan oleh warga lokal Qatar di Twitter bukan regulasi dan larangan resmi dari pemerintah Qatar. Hal tersebut telah dikonfirmasi pemerintah Qatar melalui Twitter official account for Qatar’s FIFA World Cup 2022 yang membantah klaim tersebut.

https://twitter.com/roadto2022en/status/1578056238914478081?s=20&t=_LYwFHZZDf3qd32zICN13Q https://apnews.com/article/fact-check-World-Cup-Qatar-030741925445?utm_campaign=SocialFlow&utm_source=Twitter&utm_medium=APFactCheck

Publish date : 2022-10-22