[SALAH] PEMBINA BRIMOB saat ini bernama Thahir alias Ang Tjoeng Ming

Akun Facebook dengan nama pengguna “Sufi ZamanNow” mengunggah sebuah foto yang menunjukkan kompilasi foto-foto Dato Sri Tahir yang merupakan CEO Mayapada diangkat menjadi pembina Brimob. Tampak di dalam postingan, Dato Sri Tahir sedang menyampaikan pidatonya dengan mengenakan seragam Brimob berwarna hitam, serta didampingi oleh beberapa perwira tinggi dari Polri.

Berdasarkan hasil penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir beritasatu.com, foto tersebut merupakan salah satu pengusaha Indonesia, Dato Sri Tahir yang diberi anugerah sebagai Warga Kehormatan Korps Brimob. Brimob memberikan apresiasi lantaran pengusaha kelahiran Surabaya itu, telah banyak membantu korps dalam berbagai hal. Kemudian foto Thahir yang tengah mengenakan seragam Brimob diambil ketika Tahir sedang memberikan sambutan setelah menerima anugerah sebagai warga kehormatan Korps Brimob pada tahun 2018 lalu. Lebih lanjut, narasi dengan topik serupa juga pernah beredar pada tahun 2022. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id pada 14 April 2022 dengan judul artikel “Video “Dia adalah PEMBINA BRIMOB saat ini. Namanya Thahir alias Ang Tjoeng Ming.””. Berdasarkan informasi di atas, narasi pembina BRIMOB saat ini bernama Thahir alias Ang Tjoeng Ming adalah hoaks dan masuk kategori Konten yang Menyesatkan.

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo. Hoaks Lama Beredar Kembali (HLBK). Faktanya, Dato Sri Tahir bukanlah Pembina BRIMOB. Foto tersebut merupakan foto Dato Sri Tahir yang tengah memberikan sambutan setelah menerima anugerah sebagai warga kehormatan Korps Brimob pada tahun 2018 lalu.

https://turnbackhoax.id/2022/04/14/salah-video-dia-adalah-pembina-brimob-saat-ini-namanya-thahir-alias-ang-tjoeng-ming/ https://www.beritasatu.com/nasional/522047/jadi-warga-kehormatan-brimob-dato-sri-tahir-terus-bantu-polri

Publish date : 2022-10-13