[SALAH] Alexandria Ocasio-Cortez: “Orang-orang tidak akan buru-buru mengisi bensin untuk mobil mereka di tengah badai apabila mereka memakai mobil listrik”

“I see people are rushing out to fill up their cars for this hurricane at the gas station. This wouldn’t be an issue if they had electric cars. If the power is out for a week how are they going to get gas? We need to start planning ahead and moving forward”.

Akun Twitter @DavidKotiw mengunggah tangkapan layar yang memperlihatkan cuitan Representasi Kongres dari New York, Alexandria Ocasio-Cortez (AOC). Pada tangkapan layar tersebut, dapat dilihat bahwa AOC mengimbau masyarakat Amerika Serikat untuk beralih ke mobil elektrik sebagai solusi dari banyaknya badai yang terjadi di Amerika Serikat akhir-akhir ini. Cuitan @DavidKotiw yang diunggah pada 27 September tersebut telah disukai oleh hampir 2,000 orang, serta telah dibagikan dan dikutip ulang hampir 1,000 kali. Faktanya, cuitan AOC tersebut merupakan hasil suntingan. Pada tangkapan layar terlihat bahwa AOC menulis cuitan tersebut pada 30 Agustus 2019. Setelah dilakukan penelusuran dengan Twitter Advanced Search, AOC tidak pernah menulis cuitan serupa pada 30 Agustus 2019. Tidak hanya itu, kalimat yang ditulis seperti tangkapan layar juga tidak pernah ada. Terlebih lagi, AFP Fact Check pernah menulis berita serupa dengan judul “This screenshot of a tweet from US Representative AOC is fake” dan berita tersebut diunggah pada 6 September 2019. Dengan demikian, tangkapan layar yang disebarluaskan @DavidKotiw merupakan konten yang dimanipulasi.

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra. Informasi palsu. Anggota Kongres dari New York, Alexandria Ocasio-Cortez (AOC), tidak pernah menulis cuitan bahwa memiliki mobil listrik merupakan solusi untuk permasalahan masyarakat Amerika Serikat di tengah badai yang sedang banyak terjadi. Tangkapan layar cuitan tersebut merupakan hasil suntingan.

https://archive.ph/lP6fd https://factcheck.afp.com/screenshot-tweet-us-representative-aoc-fake

Publish date : 2022-10-10