[SALAH] Foto Istana yang Dibangun di Eropa pada Abad Pertengahan

(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia): “Di Eropa, selama abad pertengahan, kastil telah menjadi konstruksi yang sangat populer sebagai struktur berbenteng yang dibangun terutama oleh bangsawan dan anggota militer”.

Akun Instagram @archaeohistories mengunggah foto bangunan kastil yang diikuti dengan caption yang mengatakan bahwa bangunan tersebut merupakan kastil-kastil yang terkenal dan banyak dibangun selama abad pertengahan di Eropa. Postingan tersebut telah disukai oleh 44 orang, dan informasi serupa telah banyak beredar di media sosial lain seperti Twitter dan Facebook. Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut salah. Foto yang terlampir bukan merupakan bangunan kastil pada abad pertengahan, tetapi foto Kota Burj Al Babas yang dijuluki “abandoned city” di Turki. Situs Architectural Digest telah mengunggah artikel dengan foto serupa. Pada artikel tersebut telah dijelaskan bahwa foto tersebut merupakan “abandoned city” Burj Al Babas di Turki, di mana proses pembangunan kastil-kastil tersebut dimulai pada 2014, bukan pada abad pertengahan di Eropa. Dengan demikian, penjelasan dari akun Instagram @archaeohistories merupakan konteks yang salah.

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra. Konteks yang salah. Foto yang terlampir merupakan foto Kota Burj Al Babas di Turki, bukan bangunan istana yang banyak dibangun di Eropa pada abad pertengahan. Istana-istana di Burj Al Babas mulai dibangun pada 2014, bukan abad pertengahan.

https://www.architecturaldigest.com/gallery/burj-al-babas

Publish date : 2022-10-10