[SALAH] Seekor Anjing Laut Lepas di Florida

“Son, wtf goin on in florida???”

Akun Twitter @IndeedsTopOpp mengunggah video yang memperlihatkan seekor anjing laut yang tengah berjalan di perumahan warga. Pengguna Twitter tersebut menambahkan keterangan bahwa video tersebut diambil di Florida, Amerika Serikat. Cuitan dan video yang diunggah pada 28 September tersebut telah disukai oleh 240,000 orang, serta telah dibagikan dan dikutip ulang hampir 40,000 kali. Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut salah. Situs USA Today telah menulis berita dengan menyertakan video serupa. Di berita tersebut, dilaporkan bahwa insiden anjing laut yang lepas ke perumahan warga terjadi di Puerto Cisnes, Chile, pada 28 September lalu. Angkatan laut Chile telah melakukan operasi penyelamatan dan telah mengembalikan anjing laut tersebut ke laut. Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan @IndeedsTopOpp merupakan konten parodi.

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra. Informasi yang salah. Video yang memperlihatkan anjing laut lepas di jalanan terjadi di Chile 28 September lalu, bukan di Florida, Amerika Serikat.

https://www.usatoday.com/videos/news/have-you-seen/2020/10/08/lost-elephant-seal-rescued-after-flopping-through-streets-chile/5918187002/

Publish date : 2022-10-10