[SALAH] Judul Artikel IDNTODAY News “Peneliti Australia Sebut : Jokowi “ Presiden Tak Berkemampuan ” Tapi Memiliki Daya Rusak”

“Peneliti Australia Sebut : Jokowi “ Presiden Tak Berkemampuan ” Tapi Memiliki Daya Rusak”

Akun Twitter dengan nama pengguna “Boediantar4” mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar yang menunjukkan artikel berjudul “Peneliti Australia Sebut : Jokowi “ Presiden Tak Berkemampuan ” Tapi Memiliki Daya Rusak”. Artikel tersebut diunggah oleh IDNTODAY News pada 4 September 2020. Berdasarkan hasil penelusuran, judul artikel tersebut merupakan hasil suntingan. Artikel asli yang diunggah IDNTODAY News pada waktu yang sama berjudul “Peneliti Australia Sebut Jokowi Seperti Wali Kota di Istana Presiden”. Artikel asli di situs IDNTODAY News sendiri sudah tidak dapat diakses, namun artikel serupa juga telah dimuat oleh Tribunnews dengan judul “Peneliti Australia Sebut Jokowi Seperti Wali Kota di Istana Presiden” yang diunggah pada 4 September 2020. Narasi serupa telah beredar pada tahun 2020 lalu. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Artikel Berjudul “Peneliti Australia Sebut : Jokowi “ Presiden Tak Berkemampuan “ Tapi Memiliki Daya Rusak” yang diunggah pada 8 September 2020. Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “Boediantar4” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A. Judul hasil suntingan. Faktanya, artikel asli yang diunggah IDNTODAY News pada waktu yang sama berjudul “Peneliti Australia Sebut Jokowi Seperti Wali Kota di Istana Presiden”.

https://www.tribunnews.com/internasional/2020/09/04/peneliti-australia-sebut-jokowi-seperti-wali-kota-di-istana-presiden https://turnbackhoax.id/2020/09/08/salah-artikel-berjudul-peneliti-australia-sebut-jokowi-presiden-tak-berkemampuan-tapi-memiliki-daya-rusak/

Publish date : 2022-10-05