[SALAH] Video Ledakan Besar dari Beijing Saat Kudeta Terhadap Xi Jinping, Presiden China

“Footage of big explosions coming from #Beijing during the china coup against Xi Jinping. China is in turmoil! Xi Jinping is missing! Is this a coup? Has he been assassinated and I uncover a military mystery no one is talking about. #chinacoup #chinesecoup #china #xijingping” “#Beijing Footage of big explosions coming from #Beijing during the china coup against Xi Jinping? The video that is going viral on social media is true, can anyone tell ? #chinacoup #chinesecoup #china #XiJingping” Terjemahan: “Cuplikan ledakan besar yang datang dari #Beijing selama kudeta Cina terhadap Xi Jinping. Cina dalam kekacauan! Xi Jinping hilang! Apakah ini kudeta? Apakah dia telah dibunuh dan saya mengungkap misteri militer yang tidak dibicarakan siapa pun. #chinacoup #chinesecoup #china #xijingping” “#Beijing Rekaman ledakan besar yang datang dari #Beijing selama kudeta Cina melawan Xi Jinping? Video yang sedang viral di media sosial ini benar ada yang bisa kasih tau? #chinacoup #chinesecoup #china #XiJingping”

Beredar sebuah informasi dari beberapa akun Twitter yang membagikan video ledakan di tengah perkotaan pada saat malam hari, video tersebut diklaim berada di Kota Beijing pada saat kudeta terhadap Xi Jinping, Presiden China. Dalam salah satu unggahan tersebut juga memberikan informasi bahwa Xi Jinping menghilang dan mempertanyakan apakah beliau telah terbunuh? Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, video tersebut telah lama beredar sejak Agustus 2015 yang merupakan insiden kebakaran dan ledakan di kompleks industri tempat penyimpanan bahan kimia dan gas beracun di Kota Tianjin, bukan di Kota Beijing di tengah rumor kudeta terhadap Xi Jinping yang beredar beberapa akhir ini. Terkait rumor kudeta tersebut, Snopes.com melaporkan bahwa tidak ada bukti yang menguatkan rumor kudeta terhadap Xi Jinping. Kemudian dilansir dari CNBC Indonesia, presiden China telah muncul ke publik pada saat mengunjungi sebuah pameran di Balai Pameran Beijing, Selasa, 27 Sep 2022. Kunjungannya tersebut juga disiarkan oleh media CCTV, kemunculan Xi Jinping ini membantahkan rumor palsu yang telah beredar di media sosial. Dengan demikian, klaim Video Ledakan Besar dari Beijing Saat Kudeta Terhadap Xi Jinping, Presiden China merupakan hoaks dengan kategori Konteks yang Salah.

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell Klaim tersebut salah, faktanya video yang dibagikan tersebut bukan kejadian di Kota Beijing baru-baru ini di tengah rumor kudeta terhadap Xi Jinping, Presiden China. Video tersebut diambil pada saat kejadian ledakan di kompleks industri tempat penyimpanan bahan kimia dan gas beracun di Kota Tianjin, China pada Agustus 2015.

https://www.reuters.com/article/factcheck-china-coup/fact-check-clip-of-nighttime-explosion-at-a-warehouse-was-filmed-in-tianjin-china-in-2015-idUSL1N30X2EQ https://www.snopes.com/fact-check/xi-jinping-house-arrest-coup/?utm_medium=Social&utm_source=Twitter#Echobox=1664235387-1 https://www.cnbcindonesia.com/news/20220929085755-4-375813/isu-kudeta-china-palsu-xi-jinping-tiba-tiba-nongol-di-sini

Publish date : 2022-10-04