[SALAH] Video “Najwa Shihab Berhasil Polisikan Nikita Mirzani, Kini Berakhir Dijeruji Besi”

“Hari Ini !! Najwa Shihab Berhasil Polisikan Nikita Mirzani, Kini Berakhir Dijeruji Besi”.

SUMBER membagikan konten yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menyebabkan kesimpulan yang SALAH. Video yang dibagikan menggunakan judul dengan umpan klik (click bait), isinya TIDAK sesuai dengan judul. FAKTA: video berisi pembacaan isi artikel dari beberapa media, menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN. Salah satu sumber foto yang disunting dan digunakan untuk gambar pratinjau, REPUBLIKA.CO.ID: “MEDAN — Seorang bandar narkoba asal Aceh tewas ditembak petugas saat pengembangan kasus di Medan, Sumatra Utara. Dari tangannya, petugas menyita 2 kg dari total 50 kg sabu yang belum sempat diedarkan.” Salah satu artikel yang dibacakan di video, Suara.com: “Nikita Mirzani kembali menyindir Najwa Shihab. Kali ini, ia melakukannya saat melakukan siaran langsung di TikTok pada Senin (26/9/2022).”

Judul umpan klik (click bait), isi TIDAK sesuai dengan judul. FAKTA: video berisi pembacaan isi artikel dari beberapa media, menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN.

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English). [2] republika.co.id: “Bandar Sabu Asal Aceh Ditembak Mati di Medan”, https://bit.ly/3dXtAGx / https://bit.ly/3UXsvPu (arsip cadangan). [3] suara.com: “Nikita Mirzani Kembali Senggol Najwa Shihab, Ancam Bongkar Tempat Check In”, https://bit.ly/3C43tFK / https://bit.ly/3RoB82N (arsip cadangan).

Publish date : 2022-10-02