[SALAH] Video Penceramah Menyampaikan Ferdy Sambo Punya Bungker Rp900 Miliar

Beredar sebuah video di Twitter yang menunjukkan seorang penceramah menyampaikan bahwa Ferdy Sambo memiliki bungker Rp900 Miliar untuk mempersiapkan diri mendapatkan kekuasaan pada 2024.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit telah mengonfirmasi dalam penyelidikan kasus pembunuhan Brigadir Yosua, tidak ditemukan bungker yang berisi uang senilai Rp900 Miliar seperti yang disampaikan pada awal video tersebut. Pengunggah video juga telah menyampaikan bantahan di akhir video bahwa pernyataan tersebut adalah hoaks dengan menampilkan bantahan dari Kapolri pada saat Rapat Dengan Pendapat dengan Komisi III DPR RI. Dilansir dari Kompas.com, kabar hoaks bungker Rp900 Miliar milik Ferdy Sambo semula karena beredarnya video hoaks yang menunjukkan tumpukan uang miliaran yang dinarasikan merupakan milik Ferdy Sambo, dari mengklarifikasi video tersebut Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, menyampaikan bahwa hasil penggeledahan di sejumlah lokasi rumah Ferdy Sambo tidak ditemukan bungker berisi uang Rp900 Miliar. Lebih lanjut penelusuran video terkait tumpukan uang tersebut, Irjen Dedi Prasetyo menyatakan bahwa video tersebut pernah ditayangkan oleh Global Chemical Laboratory tanggal 18 Jul 2021 terkait temuan uang palsu di Atlanta, Amerika Serikat. Dengan demikian, klaim Ferdy Sambo Punya Bungker Rp900 Miliar merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell Klaim dalam video tersebut salah, faktanya tidak ditemukan bungker yang berisi uang Rp900 Miliar dalam penyelidikan di rumah Ferdy Sambo, fakta tersebut disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR RI. Selengkapnya di bagian penjelasan.

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yKXPjO6K-cek-fakta-video-penceramah-sebut-ferdy-sambo-punya-bungker-uang-rp900-miliar-ini-faktanya https://nasional.kompas.com/read/2022/08/24/14304611/polri-video-uang-rp-900-miliar-di-bungker-rumah-ferdy-sambo-hoaks-itu-temuan

Publish date : 2022-03-30