[SALAH] Jokowi Ingin Pindah Agama Katolik

Akun Facebook bernama Samsul memposting sebuah video dengan caption Jokowi yang mempunyai keinginan pindah agama katolik. Dalam video yang diunggah 10 September 2022 pukul 15.09 seorang pastor mengatakan Jokowi ingin pindah agama.

Setelah ditelusuri video tersebut merupakan video potongan dari kanal Youtube Troy Kalengkongan. Jika disimak lengkap dari awal tayangan sampai akhir narasi Jokowi ingin pindah agama merupakan ilustrasi. Penjelasan bahwa narasi tersebut hanya ilustrasi berada di menit ke 4 video. Dengan demikian informasi bahwa Jokowi ingin pindah agama katolik tidak benar. Video tersebut merupakan potongan dari video milik kanal Youtube Troy Kalengkongan dan narasi “jokowi ingin pindah agama” hanya ilustrasi saja, sehingga masuk dalam kategori konteks yang salah.

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta). Informasi tersebut tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan potongan dari video milik kanal Youtube Troy Kalengkongan dan narasi “jokowi ingin pindah agama” hanya ilustrasi saja.

https://www.youtube.com/watch?v=hRWoURS4qXM

Publish date : 2022-09-30