[SALAH] Video Jokowi Marah Kepada Menteri karena Demo BBM

Akun Siti Mungil mengunggah video dengan klaim Jokowi sedang marah kepada menteri kabinetnya karena demo BBM yang memanas. Dalam video yang sudah ditonton sebanyak 88k ini terdapat logo Kompas TV yang terpotong di pojok atas.

Setelah ditelusuri video tersebut identik dengan video pada kanal Youtube KompasTV berjudul “Jokowi Marahi Para Menteri Saat Sidang kabinet Paripurna, Apa Isinya?” diunggah pada 28 Juni 2020. Diketahui BBM naik per 3 September 2022, sedangkan video tersebut sudah ada sejak 2020. Lebih lanjut pada video Youtube terdapat informasi bahwa Jokowi saat itu memarahi para menteri kabinet saat rapat sidang paripurna 18 Juni 2020 karena kebijakan para menteri yang dianggap biasa-biasa saja saat pandemi. Dengan demikian video yang diklaim Jokowi marah karena demo BBM dapat dikategorikan sebagai konteks yang salah.

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta). Klaim video tersebut tidak benar. Video tersebut sudah ada sejak 2020 dan Jokowi marah bukan karena demo BBM namun marah kepada menteri kabinet yang membuat kebijakan biasa-biasa saja saat pandemi.

https://www.liputan6.com/bisnis/read/5060813/harga-bbm-naik-siap-siap-inflasi-september-oktober-2022-meroket https://www.youtube.com/watch?v=HYgn3qd7lg8

Publish date : 2022-09-30