Menyesatkan, Video Detik-detik Jokowi Lari Ketakutan Saat Demo Tolak Kenaikan BBM

-

Sebuah akun di Facebook mengunggah video berjudul “Aparat Tak Berkutik, Detik-detik Jokowi Lari Ketakutan” yang berlatar belakang demo tolak kenaikan BBM. Narator dalam video tersebut menyatakan bahwa Jokowi menerima langsung pengunjuk rasa tolak kenaikan BBM untuk mendengar aspirasi mereka. Pernyataan itu beredar di media sosial Twitter pada 16 September 2022.  Narasi tersebut juga menyertai foto Jokowi bersama sejumlah mahasiswa di depan Istana Negara. Termasuk ribuan buruh berdemo di Kantor Gubernur Jatim menolak kenaikan harga BBM dan menyampaikan 7 tuntutan.  Tangkapan layar video yang beredar di Facebook tentang Jokowi saat demo kenaikan harga BBM Video berdurasi 8 menit 11 detik pada 21 September 2022 lalu tersebut disukai 5 ribu dan telah ditayangkan 250 ribu kali. Apakah benar aparat tidak berkutik dan Jokowi lari ketakutan?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan berada di Istana Bogor, Jawa Barat, di tengah gelombang demo BBM naik. Demo digelar oleh sejumlah kelompok buruh, salah satunya di depan Gedung DPR, Jakarta, yang tengah berlangsung pada siang hari ini. Dikutip dari Tempo.co, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi berada di Bogor bukan karena ada demo di Jakarta. Jokowi di Bogor karena memang kegiatannya sudah terjadwal sedari awal dari 2 minggu lalu, sehingga tidak ada hubungannya dengan aksi yang sedang berlangsung. "Kan kami enggak tahu ada kenaikan BBM, ada demo. Kami enggak tahu," kata Heru di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa, 6 September 2022. Di sisi lain, Heru membuka peluang kalau pihak ada pejabat Istana yang siap menerima perwakilan demonstran di Jakarta. "Ya mungkin dari Kepala Staf Kepresidenan (Moeldoko), dari mana, kita terima saja aspirasinya apa," kata Heru Narator pada video tersebut, membacakan artikel yang dimuat oleh dua media, yaitu Populis.id dan Tribunnews.com. Isinya tentang gelombang demonstrasi terkait kenaikan harga BBM di Jakarta dan Surabaya.  Sedangkan untuk memverifikasi isi video, Tim Cek Fakta Tempo menggunakan InVID Verify, Yandex Image Search, Google Lens, mesin pencarian Google, dan YouTube. Hasilnya, video di atas berasal dari beberapa video dan foto yang pernah diunggah sebelumnya. Berikut uraiannya: Video 1 Video 1 Fakta: Potongan video ini pernah dimuat akun YouTube Kompas TV pada 7 September 2022, berjudul Jokowi Berkantor di Istana Bogor Saat Demo BBM di Jakarta, Ini Alasannya. Video ini muncul beberapa kali pada unggahan di atas. Video 2 Video 2 Fakta: Video ini juga identik dengan video yang dimuat akun YouTube Kompas TV. Massa dari sejumlah aliansi buruh menyemut di depan pagar kantor DPR RI pada 6 September 2022 lalu.  Video 3 Video 3 Fakta: Gambar Gedung DPR RI ini muncul beberapa kali pada video di atas. Ini adalah foto  ANTARA yang sudah pernah dimuat VIVA.co.id pada 12 Agustus 2019 dengan judul artikel Mengenal GBHN, Warisan Orde Baru yang Dirindukan.

Berdasarkan pemeriksaan fakta, narasi yang terdapat pada video di atas adalah menyesatkan. Tidak terdapat kesesuaian antara judul dengan narasi. Tidak ada informasi terkait Jokowi lari ketakutan dalam narasi video tersebut.

https://www.facebook.com/watch/?v=948229725975988 https://nasional.tempo.co/read/1631012/jokowi-di-bogor-saat-ada-demo-bbm-naik-istana-bantah-untuk-hindari-aksi https://populis.id/read34993/dengar-aspirasi-masyarakat-jokowi-terima-langsung-pengunjuk-rasa-tolak-kenaikan-harga-bbm https://www.tribunnews.com/regional/2022/09/19/ribuan-buruh-demo-di-kantor-gubernur-jatim-tolak-kenaikan-harga-bbm-sampaikan-7-tuntutan https://www.youtube.com/watch?v=76Y8TQLG_DM https://www.youtube.com/watch?v=76Y8TQLG_DM https://www.viva.co.id/berita/politik/1174347-mengenal-gbhn-warisan-orde-baru-yang-dirindukan https://wa.me/6281315777057 mailto:cekfakta@tempo.co.id

Publish date : 2022-09-29