[SALAH] Permintaan Pengisian Data Penerima BSU di Media Sosial

“https://forms.gle/RPptLYBgE6cDmUWU6 Silahkan untuk karyawan mengisi link formulir UPDATE NOMOR REKENING BANK HIMBARA (BNI, BRI, Mandiri, BTN) untuk kami update di Sistem BPJS Ketenagakerjaan untuk proses penyaluran BSU (Bantuan Subsidi Upah). Pengisian link update nomor rekening paling lambat kami terima tanggal 18 September 2022. Untuk Karyawan yang sudah mempunyai nomor Rekening Bank HIMBARA dan sudah menerima BSU mohon tetap mengisi untuk kami update. Untuk penetapan penerima BSU yang menetapkan dari pihak KEMNAKER RI. Terimakasih.”

Beredar informasi permintaan pengisian data penerima BSU melalui chat Whatsapp dimana karyawan diminta mengisi link formulir UPDATE NOMOR REKENING BANK HIMBARA (BNI, BRI, Mandiri, BTN) untuk diupdate di Sistem BPJS Ketenagakerjaan guna proses penyaluran BSU. Dalam isi chat tersebut juga mencantumkan pengisian link update nomor rekening paling lambat diterima tanggal 18 September 2022. Melalui akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, menjelaskan bahwa data calon penerima BSU hanya berasal dari BPJS Ketenagakerjaan dan dikirimkan ke Kemnaker secara sistem, serta tidak ada permintaan data kepada masyarakat. Informasi resmi mengenai BSU hanya melalui situs kemnaker.go.id dan akun media sosial resmi Kemnaker. Dapat dipastikan informasi permintaan pengisian data penerima BSU adalah tidak benar dan masuk dalam kategori konten palsu.

Hasil periksa fakta Alifia Nayla (Universitas Sebelas Maret) Permintaan pengisian data penerima BSU tersebut palsu. Kemnaker menjelaskan tidak ada permintaan data kepada masyarakat. Informasi resmi mengenai BSU hanya melalui situs kemnaker.go.id dan akun media sosial resmi Kemnaker.

https://www.instagram.com/p/CifLT97JI2c/?igshid=YzA2ZDJiZGQ= https://www.kominfo.go.id/content/detail/44334/hoaks-formulir-pengisian-data-penerima-bsu/0/laporan_isu_hoaks

Publish date : 2022-09-26