[SALAH] Video “Tersembunyi” Pentagon Dihantam Misil

Akun Twitter @alwayseektruth mengunggah video yang diklaim sebagai video “tersembunyi”, di mana video tersebut memperlihatkan Pentagon dihantam oleh misil. Cuitan dan video yang diunggah pada 18 September tersebut telah disukai oleh lebih dari 19,000 orang, serta telah dibagikan dan dikutip ulang lebih dari 10,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan hasil suntingan. Informasi mengenai Pentagon yang dihantam misil tersebut juga telah beredar sejak lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Video yang asli pernah diunggah oleh akun YouTube “MissingTrillions” dengan judul “35 mm Stock Footage of Washington DC aerials also available in High Definition”. Di video asli, terlihat bahwa tidak ada misil yang menghantam Pentagon. Deskripsi di video tersebut juga memberikan penjelasan lengkap yang berbunyi sebagai berikut: “Video ini telah digunakan untuk video Pentagon misil palsu”. Selain itu, akun Twitter @hoaxeye pernah membahas informasi serupa dan menambahkan penjelasan bahwa video yang asli diambil saat proyek renovasi Pentagon pada 1999. Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @alwayseektruth merupakan konten yang dimanipulasi.

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra. Hasil video suntingan. Pada video asli, tidak terlihat adanya misil yang menghantam Pentagon. Video yang asli merupakan film udara 35mm yang diambil pada tahun 1990-an dan merupakan proyek renovasi Pentagon.

https://www.youtube.com/watch?v=2DOgIbCjQBE https://twitter.com/hoaxeye/status/1571553750422110209

Publish date : 2022-09-24