Sebagian Benar, Video Banjir dan Longsor di Provinsi Aceh Tahun 2022

-

Sebuah video yang diklaim bencana alam banjir di Provinsi Aceh, menjadi pesan berantai di WhatsApp sejak Senin, 5 September 2022.  Video tersebut berisi kompilasi gambar banjir dan longsor yang menerjang pemukiman. Sejumlah warga terlihat mengungsi dan mengamankan sejumlah barang.  Video berdurasi 22 detik itu beredar di tengah banjir yang melanda di beberapa daerah di Provinsi Aceh sejak akhir Agustus lalu.  Tangkapan layar fragmen-fragmen pesan berantai yang beredar di WhatsApp Namun benarkah kompilasi video itu terjadi di Provinsi Aceh?

Untuk membuktikan klaim di atas, Tim Cek Fakta Tempo mula-mula memfragmentasi video menjadi beberapa gambar dengan tools InVID. Kemudian, memverifikasi gambar hasil fragmentasi menggunakan tools Google Image dan Yandex Image. Hasilnya, video tersebut merupakan gabungan beberapa video dari peristiwa bencana alam pada waktu yang berbeda.  Video 1 Potongan video 1. Sumber gambar kanan: kanal YouTube Serambi TV Cuplikan video pada detik ke-2 sampai 4 merupakan bencana banjir yang menerjang Kabupaten Aceh Selatan pada 01 September 2022. Video yang berasal dari akun TikTok tersebut, dimuat di kanal Serambi News dan Tribun pada 1 September 2022 dengan judul, Tak Hanya Banjir, Hujan Deras di Aceh Selatan Juga Sebabkan Longsor.  Serambi memberikan penjelasan, banjir yang terjadi di Kabupaten Aceh Selatan itu terjadi sejak Kamis, 1 September 2022 dengan kondisi cukup parah. Tidak hanya menggenangi ratusan rumah penduduk, namun jalan nasional juga ikut tergenang hingga sempat menimbulkan kemacetan. Hujan deras yang terjadi sejak Kamis pagi itu juga menyebabkan longsor di kawasan Gunung Kerambil, Kecamatan Tapaktuan. Video 2 Potongan video 2. Sumber gambar kanan: kanal YouTube Tribun Timur Sementara pada detik ke-5 yang memperlihatkan setengah badan mobil minibus dan nyaris jatuh ke sungai akibat longsor, merupakan video yang sempat viral pada Oktober 2021.  Video tersebut tak diketahui pasti kapan dan dimana lokasi kejadian. Namun video serupa diunggah kanal YouTube Tribun Timur pada 5 Oktober 2021. Pada bagian caption, video diberi judul Viral Detik detik Aksi Heroik Warga Saling Bantu Selamatkan Mobil yang Hampir Terperosok Longsor ”.  Video 3 Potongan video 3. Sumber gambar kanan: kanal YouTube Serambi TV Bagian video lain pada detik ke-7 sampai 12 yang memperlihatkan sebuah rumah hanyut terbawa banjir, merupakan peristiwa bencana yang juga terjadi di Aceh Selatan pada 1 September 2022. Video serupa diunggah kanal YouTube Serambi TV pada 2 September 2022.  Dikutip dari Serambi, hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Aceh Selatan pada Kamis, 1 September 2022, menyebabkan banjir meluap di beberapa gampong dalam Kecamatan Samadua dan Tapaktuan. Satu unit rumah sekaligus kedai kopi milik milik warga di lokasi obyek wisata di kawasan Air Dingin, Gampong Batee Tunggai, Kecamatan Samadua, ambruk dihantam banjir.  Video 4 Potongan video 4. Sumber gambar kanan: Detik.com Untuk video pada durasi detik terakhir, diketahui juga merupakan peristiwa bencana banjir yang terjadi di Aceh Selatan. Gambar dalam video ini digunakan Detikcom untuk laporan “ Banjir Rendam 3 Kecamatan di Aceh Selatan, 2 Rumah Rusak ” yang tayang pada Kamis, 1 September 2022.  Video serupa pernah diunggah pula oleh Tribun Pontianak pada 2 September 2022. 

Hasil pemeriksaaan, video berdurasi 22 detik diklaim merupakan bencana alam yang terjadi di Provinsi Aceh, sebagian benar.  Beberapa video merupakan peristiwa bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Aceh Selatan pada 1 September 2022. Tapi ada satu video yang tidak terkait sama sekali dengan banjir di Aceh pada 2022.

https://www.youtube.com/watch?v=4OsNUSqDpQI https://www.youtube.com/watch?v=OJYy1FW6IsE https://www.youtube.com/watch?v=jBdy8r9oITc https://www.detik.com/sumut/berita/d-6267077/banjir-rendam-3-kecamatan-di-aceh-selatan-2-rumah-rusak https://www.youtube.com/watch?v=R0uN0fgB6lk https://wa.me/6281315777057 mailto:cekfakta@tempo.co.id

Publish date : 2022-09-06