Keliru, Artikel Seekor Ular Melahap Senapan AK-47

Sebuah artikel tentang seekor ular melahap senjata senapan AK-47 beredar di internet.  Artikel yang tayang pada 25 Maret 2022 dan diberi judul “Unik, Potret Seekor Ular Ketika Salah Memilih Mangsa” itu menceritakan ada seekor ular di Hutan Sambisa, yang terletak di bagian utara pulau di Taman Nasional Cekungan Chad, melahap senjata AK-47 yang tergeletak. Ular itu berjenis ular tunxiang yaitu ular berbisa yang dapat menelan hewan yang jauh lebih besar dari dirinya di dunia nyata. Foto tersebut diklaim diambil seorang fotografer bernama Su dan membagikan foto di mana tubuh ular membentuk lekukan seperti senapan.   Tangkapan layar sebuah blog yang memuat artikel seekor ular memakan senjata senapan AK-47 Benarkah foto dan narasi seekor ular memakan senjata senapan AK-47 tersebut?

Hasil verifikasi Tempo menunjukkan bahwa foto tersebut ular dengan lekukan senapan AK-47 itu adalah karya seni yang dibuat seniman politik Rusia Vasily Slonov.  Mula-mula Tim Cek Fakta Tempo memverifikasi foto pada artikel dengan reverse image milik Yandex dan Tineye. Tempo mendapatkan fakta bahwa seniman politik Rusia Vasily Slonov, membuat karya seni tersebut pada 2019. Benda mirip ular yang dibentuk mirip senapan itu dibuat dengan bahan karet dan diberi nama "Python-AK”. Karya seninya kemudian dipublikasikan situs pengumpul karya seni Artsy.net.  Dikutip dari The Siberian Times, Vasily Slonov dikenal sebagai seniman yang banyak menarik kontroversial. Beberapa rangkaian karyanya berdasarkan Sochi dengan poster-posternya bahkan mengarah pada pemecatan direktur sebuah museum besar.  Sumber: Artsy.net Dia juga membuat pemukul lalat bergambar wajah tokoh politik, termasuk Vladimir Putin, Barack Obama, Adolf Hitler dan Vladimir Lenin. Foto seniman asal Rusia ini tengah mengasah kapak raksasa di kediamannya di Krasnoyarsk, Rusia juga sempat ramai. Kapak-kapak yang Slonov buat dengan dihiasi tokoh politik Rusia seperti Mikhail Prokhorov dan Vladimir Putin ini akan dipamerkan di Siberia. Tempo menemukan kisah keliru tentang karya seni “Python-AK” itu telah menyebar di internet sejak 2019.

Hasil pemeriksaan fakta artikel yang disertai foto diklaim merupakan peristiwa seekor ular melahap senjata senapan AK-47, Keliru.  Benda mirip ular dengan lekukan tubuh seperti senapan merupakan karya seni yang dibuat seniman politik rusia Vasily Slonov.  Karya seni ini dibuat pada 2019 berbahan karet dan diberi nama "Python-AK."  

https://wowunik.info/unik-potret-seekor-ular-ketika-salah-memilih-mangsa/ https://www.artsy.net/artwork/vasily-slonov-ak-python https://siberiantimes.com/culture/arts/features/f0104-controversial-artist-takes-sarcastic-olympics-exhibit-to-uk/ https://www.merdeka.com/foto/dunia/293792/20131217023350-seniman-ini-ciptakan-kapak-raksasa-bergambar-tokoh-politik-rusia-001-isn.html https://wa.me/6281315777057

Publish date : 2022-08-26