Sebagian Benar, Ratusan Minyak Goreng Tumpah Ruah di Laut Jawa

-

Video berdurasi 17 detik diklaim merupakan peristiwa evakuasi ribuan kemasan minyak goreng di laut Jawa beredar di Instagram. Video itu berisi seorang pria dengan pelampung berada di antara minyak goreng kemasan dan mengumpulkan ke kapal. Video ini diunggah di salah satu akun Instagram pada 1 Agustus 2022 dengan narasi: “Evakuasi Manusia, Evakuasi Minyak Goreng. Ratusan minyak goreng kemasan tumpah ruah di tengah laut. Belum diketahui apa penyebabnya, namun terlihat beberapa pemuda mengevakuasinya kembali ke atas kapal. Menurut informasi kejadian ini di sekitar laut Jawa. Semoga saja semua minyak ini dapat dievakuasi tanpa meninggalkan bekas / sampah plastik bekas minyak yang tumpah” Potongan video yang beredar di Instagram tentang minyak goreng tumpah di Laut Jawa Hingga artikel ini ditulis, unggahannya sudah mendapatkan respon 25 kali disukai. 

Hasil verifikasi Tempo menunjukkan bahwa mengapungnya minyak goreng kemasan tersebut tidak terjadi di laut Jawa, melainkan di perairan laut Riau. Minyak goreng kemasan itu tumpah setelah kapal yang mengangkutnya mengalami kecelakaan.  Untuk membuktikan klaim diatas, Tempo mula-mula memfragmatasi video itu menjadi beberapa gambar dengan menggunakan tools InVID. Selanjutnya diverifikasinya dengan menggunakan tools Google Image dan Yandex Image. Hasilnya, peristiwa tersebut telah diberitakan oleh sejumlah media online.   Dikutip dari Detik.com, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Syailendra mengatakan ratusan minyak goreng kemasan yang mengapung di laut disebabkan kecelakaan kapal kargo yang mengangkut bahan pokok. Kecelakaan kapal itu terjadi di Selat Malaka, perairan Riau. Minyak goreng kemasan yang tumpah ke laut adalah milik produsen minyak goreng merek Fortune. Sebelumnya dikutip dari Sindo, kapal kargo Aneka Maju muatan bahan pokok yang berlayar dari Tanjung Balai menuju tujuan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau tenggelam di Selat Malaka, perairan Riau pada Minggu, 30 Juli 2022. Seluruh ABK dilaporkan selamat, namun muatan kapal tumpah ke laut.  Dilansir dari Tribun Batam, momen saat kapal kargo tenggelam pertama kali dibagikan oleh seorang kru kapal, ketika kapal yang mereka naiki karam di Selat Malaka. Dalam video yang diunggah semua kru kapal (ABK) terlihat panik dan bergegas menggunakan pelampung sebelum kapal tenggelam. Video amatir detik-detik tenggelamnya kapal kargo tersebut diunggah Tribun Jateng dikanal YouTube-nya pada 1 Agustus 2022. 

Hasil pemeriksaan fakta oleh Tempo, video berdurasi 17 detik yang diklaim merupakan peristiwa evakuasi ribuan kemasan minyak goreng di laut Jawa, sebagian benar.  Peristiwa itu merupakan kecelakaan kapal kargo yang terjadi di perairan laut Riau. Ratusan minyak goreng kemasan yang terapung di laut muatan kapal kargo tersebut. 

https://www.instagram.com/reel/Cgt3n9CDS7a/ https://www.detik.com/bali/berita/d-6217375/heboh-video-ratusan-minyak-goreng-kemasan-tumpah-di-laut https://daerah.sindonews.com/read/842401/717/detik-detik-kapal-kargo-tenggelam-di-selat-malaka-seluruh-abk-selamat-1659269220%20. https://batam.tribunnews.com/2022/08/01/kecelakaan-laut-kapal-pembawa-sembako-ke-tanjungpinang-tenggelam-di-selat-malaka. https://www.youtube.com/watch?v=MNAdxQdRVT4 https://wa.me/6281315777057

Publish date : 2022-08-11