[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel Suara.com Berjudul “Daftar Politisi PDIP yang Korupsi: Juliari Batubara hingga Harun Masiku Dan Ganjar Pranowo”

Akun Facebook Dhe Arauzo FebRy pada 7 September 2022 pukul 17.11 memposting gambar tangkapan layar artikel Suara.com berjudul “Daftar Politisi PDIP yang Korupsi: Juliari Batubara hingga Harun Masiku Dan Ganjar Pranowo”. Tangkapan layar artikel tersebut dilengkapi foto Juliari Batubara, Ganjar Pranowo dan Harun Masiku.

Setelah ditelusuri pada website Suara.com dengan mengacu pada kalimat yang ada di tangkapan layar, ditemukan artikel asli milik Suara.com berjudul “Daftar Politisi PDIP yang Korupsi: Juliari Batubara hingga Harun Masiku”. Bedasarkan perbandingan antara tangkapan layar di Facebook dengan website Suara.com terdapat perbedaan yang mana nama Ganjar Pranowo tidak dituliskan. Lebih lanjut foto yang digunakan dalam postingan Facebook telah diganti. Foto yang asli adalah foto Juliari yang mengenakan baju tahanan usai diperiksa di Gedung KPK pada Minggu 6 Desember 2020. Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel yang telah disunting tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta). Gambar tersebut adalah hasil suntingan. Faktanya, artikel Suara.com yang asli berjudul “Daftar Politisi PDIP yang Korupsi: Juliari Batubara hingga Harun Masiku”, dengan gambar foto Juliari yang mengenakan baju tahanan usai diperiksa di Gedung KPK .

https://www.suara.com/news/2021/05/25/214807/daftar-politisi-pdip-yang-korupsi-juliari-batubara-hingga-harun-masiku

Publish date : 2022-09-22