[SALAH] China Sengaja Menutupi Fakta Sejarah Indonesia

Akun Youtube “Al Manhaj” mengunggah sebuah video yang berjudul “AKHIRNYA TERBONGKAR ❗KAMI SENGAJA MENUTUPI SEMUA FAKTA SEJARAH INI”. Dalam unggahan video ini menampilkan gambar presiden China, Xi Jinping dengan latar Indonesia yang seolah-olah mengatakan bahwa pemerintah China sengaja menutupi sejarah Indonesia.

Namun setelah melihat isi video tersebut, sama sekali tidak menyebutkan mengenai pernyataan presiden Xi Jinping atau pemerintah China yang sengaja menutupi fakta sejarah Indonesia. Dalam video tersebut berisi ceramah Ustadz Rahmat Baequni mengenai sejarah Islam di Indonesia. Jadi dapat disimpulkan bahwa thumbnail pada video tersebut merupakan hoaks kategori konten dimanipulasi atau manipulated content.

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo. Faktanya, klaim tersebut adalah hoaks. Antara thumbnail dengan isi pada video ini ini tidak memiliki kaitan. Di dalam video tersebut tidak ada pernyataan dari presiden China Xi Jinping yang mengatakan bahwa pemerintah China menutupi fakta sejarah Indonesia seperti yang dimuat dalam thumbnail.

https://www.youtube.com/watch?v=bKyGHPiktq8&t=630s

Publish date : 2022-09-22