[SALAH] Judul Artikel “Laudya Cinthya Bella di undang ke Istana bahas soal kebenaran isu menikah dengan Pangeran Arab”

Beredar informasi melaui situs berita online yang membagikan artikel dengan judul “Laudya Cinthya Bella di undang ke Istana bahas soal kebenara isu menikah dengan Pangeran Arab”. Tangkapan layar dari artikel ini kemudian dibagikan melalui media sosial Facebook oleh akun grup bernama Indonesia Cyber dengan tambahan narasi, “Kira2 tujuannya apa coba manggil laudya Cinthya Bella ke istana??”.

Dapat dilihat bahwa hasil tangkapan layar sebuah artikel yang tersebar di media Facebook tersebut merupakan tampilan artikel dari sebuah situs berita online lombokinsider.com. Artikel ini diterbitkan pada tanggal 09 Agustus 2022 dengan menyertakan sebuah gambar artis Laudya Cinthya Bella dan Presiden Joko Widodo. Namun setelah membaca secara keseluruhan dari isi artikel tersebut, ternyata tidak ditemukan informasi yang mendukung judul yang disematkan pada artikel tersebut. Ternyata isi artikel ini menyatakan bahwa kabar Laudya Cinthya Bella yang diundang ke istana oleh Presiden Joko Widodo terkait kebenaran isu menikah dengan Pangeran Arab adalah hoaks. Artikel ini menyatakan bahwa Laudya Cinthya Bella tidak diundang ke istana oleh Presiden Joko Widodo, serta membahas tentang isu artis Laudya yang menikah dengan Pangeran Arab. Dengan kata lain, antara judul dan isi dari artikel ini tidak memiliki keselarasan atau dapat disebut juga sebagai judul yang mengandung “clickbait”. Jadi dapat disimpulkan bahwa judul pada artikel lomboksider.com ini merupakan hoaks kategori false connection atau koneksi yang salah.

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara) Faktanya judul artikel tersebut mengandung clickbait. Isi dari artikel tersebut ternyata menyatakan bahwa isu Laudya Cinthya Bella diundang ke istana oleh Presiden Joko Widodo adalah hoaks.

https://web.archive.org/web/20220809211159/https://www.lombokinsider.com/nasional/pr-1554095760/laudya-cinthya-bella-di-undang-ke-istana-bahas-soal-kebenaran-isu-menikah-dengan-pangeran-arab

Publish date : 2022-09-21