[SALAH] Observatorium Bosscha Menjadi Tempat Syuting Pengabdi Setan 2

“Fakta Tentang Bosscha Observatorium Bandung, Lokasi Iconic di Film Pengabdi Setan 2: Communion”.

Akun Twitter @infobdg menyebarkan informasi pada 19 Agustus lalu bahwa Observatorium Bosscha yang terletak di Bandung merupakan salah satu lokasi untuk film Pengabdi Setan 2: Communion. Sebelumnya, pihak Observatorium Bosscha sendiri telah memberikan protes secara langsung kepada sutradara film, Joko Anwar, yang menyatakan keberatan dengan adegan pemujaan iblis yang lokasinya diklaim berada di Observatorium Bosscha. Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut keliru. Joko Anwar telah menjawab protes dari pihak Observatorium Bosscha sekaligus mengonfirmasi bahwa adegan pemujaan iblis di film Pengabdi Setan 2 tidak diambil di tempat tersebut. “Kita tidak pernah bilang itu Bosscha, enggak pernah kita bilang itu Bosscha atau bukan,” ujar Joko Anwar, yang dilansir oleh portal berita Kumparan. Setelah klarifikasi dari Joko Anwar tersebut, pihak Observatorium Bosscha kemudian mencabut prostesnya dan memberikan klarifikasi melalui Instagram resminya @bosschaobservatory. Klarifikasi dari pihak Observatorium berbunyi sebagai berikut: “Observatorium Bosscha sama sekali tidak terlibat dalam produksi film bernuansa horror yang tengah beredar”. Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @infobdg merupakan konten yang menyesatkan.

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra. Informasi yang salah. Joko Anwar, sutradara film Pengabdi Setan 2 telah mengonfirmasi bahwa tidak ada adegan di filmnya yang diambil di Observatorium Bosscha di Lembang, Jawa Barat.

https://kumparan.com/pandangan-jogja/diprotes-bosscha-joko-anwar-siapa-bilang-yang-di-pengabdi-setan-itu-bosscha-1yeveUMjAlx/3? fbclid=IwAR16xGzArp7bLkvmZJWjY9R98nM0PRJeYW3e3kLOIBOlSgUvubWm_S4idn8 https://www.instagram.com/p/ChGv8Z1PqBs/?utm_source=ig_web_copy_link&fbclid=IwAR26qXMr5z5BpX8MO6pLT7GoKs4OgFHZHEdYVFD-6cGPYxkFVVZ5hsyELbc

Publish date : 2022-08-31