[SALAH] Video Petinju Babak Belur Melawan Petinju Tidak Terlihat

Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah video yang diunggah oleh salah satu akun Facebook bernama Makoto Ittou yang menampilkan seorang petinju yang sedang dihajar namun tidak ada lawan yang terlihat memukulnya.

Namun setelah melakukan penelusuran, video tersebut merupakan video suntingan dari pertandingan tinju antara Canelo Alvarez melawan James Kirkland pada 9 Mei 2015. Diketahui video hoaks tersebut sudah beredar semenjak 15 Oktober 2016 di Youtube. Lalu terkait video aslinya, video tersebut merupakan cuplikan pertandingan antara James Kirkland dengan Canelo Alvarez di Minute Maid Park yang dimenangkan oleh Canelo Alvarez dengan kemenangan Knockout (KO). Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait video petinju babak belur melawan petinju tidak terlihat ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo. Informasi salah. Faktanya, setelah melakukan penelusuran, video tersebut merupakan suntingan video pertandingan tinju antara Canelo Alvarez melawan James Kirkland.

https://www.youtube.com/watch?v=wf3d64-9GbQ https://www.youtube.com/watch?v=EmcYq37KX-k https://www.espn.com/boxing/story/_/id/12857405/canelo-alvarez-knocks-james-kirkland-third-round

Publish date : 2022-07-23