[SALAH] Foto Gerhana Matahari dari Luar Angkasa

“Solar Eclipse from space 😦”

Akun Twitter Alpha Space (@space_iconn) mengunggah cuitan berupa foto yang diklaim sebagai foto gerhana matahari yang ditangkap dari luar angkasa. Cuitan yang diunggah pada 16 Juni 2022 mendapat atensi berupa 6,2 rb suka dan 720 retweet. Berdasarkan hasil penelusuran, foto cuitan tersebut bukan foto gerhana matahari asli. Foto itu dibuat oleh seniman bernama A4size-ska melalui software Terragen 2 dan ia unggah ke situs deviant art pada 21 November 2009. Pada unggahannya itu, ia mengonfirmasi bahwa foto yang digunakannya sebagai latar belakang bersumber dari foto panorama Galaksi Milky Way tahun 2009 milik European Southern Observatory (ESO). Di samping itu, Christian Ready, seorang astronom Amerika pernah membahas foto itu yang diklaim sebagai foto gerhana yang terjadi di Amerika Serikat bagian timur dalam unggahan di blog pribadinya pada 4 November 2014. Dengan demikian, cuitan akun Twitter Alpha Space (@space_iconn) dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia) Faktanya, foto tersebut bukanlah foto sungguhan, melainkan hasil karya seniman deviant art bernama A4size-ska yang dibuatnya melalui software Terragen 2.

https://www.deviantart.com/a4size-ska/art/Eclipse-144235675 https://www.eso.org/public/images/eso0932a/ https://christianready.com/2013/11/04/awesome-photo-of-the-solar-eclipse-from-international-space-station-is-not-real/

Publish date : 2022-06-29