[HOAKS] Rudi Hartono, Legenda Bulu Tangkis Meninggal

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 12/03/2018

Berita

Narasi:

Indonesia berkabung
Rudi Hartono pahlawan bulu tangkis meninggal dunia
#RIP

Hasil Cek Fakta

Tanggal 10 Maret 2018 kemarin muncul kabar yang menyebutkan Rudi Hartono, Legenda Bulu Tangkis Indonesia, telah tutup usia. Kabar meninggalnya pria yang pernah memenangi kejuaraan dunia pada 1980 itu mendapat respon dari sejumlah pihak.

Dilansir dari tempo.co (10/3), Hubungan Masyarakat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Deri Destanto mengatakan, kabar meninggalnya Rudi Hartono merupakan kabar bohong dan sudah dipastikan hoaks. “Tidak benar ya. Orangnya masih main golf,” ujarnya.

Senada dengan Deri, dilansir dari bola.net (11/3), Yuni Kartika, Mantan Pebulutangkis yang kini masih aktif sebagai komentator pertandingan bulu tangkis, mengatakan, kondisi Rudi Harono masih baik-baik saja. “Koh Rudi baik-baik saja. Kondisinya segar bugar,” ujar Yuni.

Adapun, wartawan olahraga senior, Broto Happy Wondomisnowo, pun angkat bicara. Melalui akun Facebook pribadinya, Broto mengatakan, Rudi Hartono masih sehat dan isu meninggalnya Rudi Hartono adalah hoaks. “Apa benar, Rudy Hartono berpulang? Bisa saya pastikan, semua berita itu HOAX!,” tulis Broto dalam statusnya.

Isu tersebut pun akhirnya sampai pada sang legenda bulu tangkis. Kepada Broto, Rudi Hartono mengatakan, dirinya terheran-heran ada kabar yang menyebutkan dirinya telah meninggal. ““Di tengah main golf, saya heran, kok hari ini HP saya berbunyi terus. Saat saya angkat, banyak yang nanya, soal saya. ‘Apakah benar saya meninggal dunia?’,” aku Rudy.

Menanggapi isu tersebut, Rudi berkelakar, dirinya akan bermain golf lagi esok hari agar penyebar hoaks dirinya meninggal dapat terkaget-kaget. “Mungkin saya besok akan main golf lagi. Biar yang menyebar hoax, kaget. Yang meninggal kok bangkit dari kubur,” kelakar pria kelahiran 18 Agustus 1949 itu.

Rujukan

  • Tempo
  • Kompas
  • Liputan 6
  • 3 media telah memverifikasi klaim ini