[SALAH] Suntik KB Sebabkan Kista Ovarium

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 12/07/2020

Berita

Akun bernama Hanny Harryadi membagikan sebuah unggahan mengenai kista ovarium yang disebabkan oleh penimbunan darah kotor dalam jangka panjang. Akun itu menyebutkan bahwa “Kista OVARIUM ini di sebab'kn dari KB suntik 3bln, di mana darah HAID tidak normal bisa di bilang berhenti total krna efek suntik'kn nya.”

Berikut kutipan narasinya:

“INFO sejenak gaess...
Serem ya liat nya... Ada yg tau apa ini..??
Saya bakal jawab.. ini KISTA OVARIUM
Bobot sdh mencapai 2kg lebih,jika ini pecah dalam perut anda,apa yg akan terjadi 15% Anda mendekati kemati'an..

Hanya sekedar mengingatkan buat para ibu2 khususnya yg sdh punya suami,di anjurkan untuk Program KB krna menunda masa kehamilan.dn perlu ibu2 ketahui kista Ovarium ini di sebabkan dari penimbunan DARAH KOTOR(DARAH HAID)dalam jangka panjang.
Kista OVARIUM ini di sebab'kn dari KB suntik 3bln, di mana darah HAID tidak normal bisa di bilang berhenti total
krna efek suntik'kn nya.

Khodrat kita sebagai perempuan sdh di jadwalkan untk mengeluarkan darah kotor di setiap bulan,yg di namakan MENSTRUASI, Coba ibu2 bayang'kan kemana'kah lari nya darah kotor(haid) jika tidak keluar mana pada waktunya. Serem ya makk.. Darah kotor bakal berhenti di dinding RAHIM,terus dan terus menumpuk,jika sdh menumpuk darah haid bisa berlari ke sel-sel darah aktif. penyakit ini (KISTA OVARIUM) akan di rasakn pada jangka panjang nanti.

Ciri-Ciri penyakit(KISTA OVARIUM) mirip org ngidam mual2/muntah2,makan gak nafsu,pengen nya ini Ono,persis org ngidam,pinggang terasa sakit dasyat,perut melilit,jika berhubungan intim terasa sakit sekali di tambah kita doyan makan,makan'an yg mengandung banyak penyedap, makan'an yg kadar lemak berlebihan Sering minum air Es,jajan-jajan'an di luar.itu akan lebih cepat memproses KISTA bertumbuh besar Masa Allah ngeri...

Hanya sekedar mengingatkn dn berbagi pengalaman yaa.. khususnya bagi kaum Wanita,tdk ada mksd dn tujuan apa2 ya ukthi, krna saya jg 2thun yg lalu pernh sakit diagnosa TTG(TUMOR TROPLOBLUS GANAS) yg di awali HAMIL ANGGUR, dan harus menjalani KEMOTERAPI 5 SERI lebih seremnya 25xKEMOTERAPI
Alhamdulilah atas Muzizat dn izin Allah saya puli kembali Hampir mirip dengan KISTA OVARIUM, tpi masih serem'man dkit skit yg dlu saya derita 2thun yg llu
Utamakan kesehatan ... cari solusi lebih baik lagi
Copas”

Hasil Cek Fakta

Dalam studi kesehatan, buku rujukan BKKBN berjudul Fikih Keluarga karangan Cholil Nafis menjelaskan bahwa penggunaan KB suntik memiliki efektivitas sekitar 97 persen untuk tidak terjadi kehamilan. Keuntungannya adalah aman, efek samping kecil dan jangka panjang, tidak mempengaruhi ASI, tidak mengganggu hubungan suami istri, mengurangi pendarahan saat haid dan nyeri haid serta mencegah kista ovarium, anemia, penyakit payudara jinak, kehamilan ektopik dan melindungi dari penyakit radang panggul.

Dokter Spesialis Ginekologi Onkologi Rumah Sakit Kanker Dharmais, dokter Muhammad Yusuf, SpOG mengatakan bahwa KB merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko kista ovarium.

"Bahkan KB sebagai salah satu cara untuk mengurangi risiko kista ovarium. Penelitian menunjukkan risikonya sangat rendah dibandingkan dengan wanita yang bukan KB," kata Dokter Yusuf dilansir Liputan6.

Sejalan dengan Dokter Yusuf, Dr Rikka Mulya Warman, SpOG mengatakan bahwa dalam jenis kista tertentu, suntik KB dapat menjadi salah satu alternatif pilihan pengobatan. Namun Dr Rikka menyarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Melansir laman Women's Health PCOS Policystic Ovary Syndrome (PCOS) atau kista ovarium itu di Amerika mempengaruhi 1 dari 10 wanita masa subur, alias 10%. Dan berdasarkan survey lembaga Food & Drugs Administration (FDA) di Amerika, dari 13.603 wanita yang mendapatkan suntik KB, hanya 132 orang atau 0.97% yang menderita kista ovarium. Artinya dari 13.603 wanita penerima suntik KB, FDA memonitor hanya 130-an yang menderita kista ovarium, sehingga hanya 1 di antara 100 wanita, jauh lebih kecil daripada 1 dari 10. Kesimpulannya, justru wanita yang suntik KB malah lebih kecil kemungkinannya menderita kista ovarium.

Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan, Suntik KB tiga bulan sendiri merupakan salah satu metode kontrasepsi berisi hormon progesteron yang berfungsi untuk melindungi dan mempertahankan sel endometrium sehingga berefek flek atau tidak menstruasi. Ibu-ibu yang sedang menyusui disarankan menggunakan suntik KB 3 bulan karena tidak mempengaruhi produksi asi. Tentunya pemakaian suntik KB tiga bulan tidak lepas dari efek samping. Beberapa efek samping yang muncul akibat pemakaian KB suntik sifatnya hormonal seperti tidak mens, muncul flek hitam di wajah, jerawat, dan bertambah berat badan.

Melansir dari laman Halodoc, sebenarnya jika seorang wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur setelah suntik KB, tidak perlu merasa khawatir. Pasalnya, haid yang tidak lancar tergolong normal bagi pengguna suntik KB. Lagipula, kondisi ini akan semakin membaik seiring berjalannya waktu.

Selain itu, bagi wanita yang mengalami siklus haid yang tidak teratur atau tidak lancar, siklus ini akan kembali seperti sedia kala setelah penggunaan KB suntik berhenti. Bagi wanita yang berhenti mengalami haid biasanya akan mengalami perdarahan hanya dengan bercak-bercak yang keluar secara tiba-tiba.

Kesimpulan

Klaim tentang suntikan KB dapat menyebabkan kista ovarium ternyata tidak benar. Dalam buku berjudul Fikih Keluarga karangan Cholil Nafis menjelaskan bahwa penggunaan KB suntik justru mencegah kista ovarium.

Rujukan

  • Mafindo
  • Liputan 6
  • Tirto.id
  • 3 media telah memverifikasi klaim ini