[SALAH] PHK Besar-Besaran BCA Segera Terjadi

Sumber: twitter.com
Tanggal publish: 03/07/2020

Berita

Beredarnya postingan dari akun Twitter @85albasrihasan yang membagikan link berita inews.id dengan judul "BCA Prediksi Kantor Cabang Tetap Ada, Mungkin Teller dan CS Akan Hilang" dengan narasi "PHK besar-besaran BCA segera terjadi, Teller dan CS akan dihilangkan. Seluruh Indonesia."

Berikut kutipan narasinya:

“PHK besar-besaran BCA segera terjadi, Teller dan CS akan segera dihilangkan. Seluruh Indonesia.”

Hasil Cek Fakta

Setelah ditelusuri, dalam berita tersebut tidak terdapat narasi yang mengatakan bahwa BCA akan melakukan PHK secara besar-besaran. Wakil Presiden Direktur BCA, Suwignyo Budiman mengatakan layanan bank selalu mengikuti kebutuhan nasabah.

Karena semakin banyaknya perbankan yang semakin serius merambah layanan berbasis digital, Suwignyo Budiman memperkirakan akan ada dua jenis pekerjaan yaitu customer service dan teller akan hilang beberapa tahun ke depan, tapi tidak semua layanan perbankan bisa dilakukan secara digital. Salah satunya yaitu penarikan atau penyetoran uang tunai secara besar.

"Kalau kita mau setor uang, kalau setornya sedikit Rp1-2 juta dia taruh di ATM setor dan tarik tunai, tapi kalau mau setor Rp100 juta mau nggak mau harus ke cabang, atau mau tarik Rp50 juta mau nggak mau harus datang ke cabang," ujar Suwignyo, Senin (15/6/2020).

Suwignyo memprediksi fungsi kantor cabang nantinya akan bergeser menjadi fokus layanan-layanan yang tidak bisa dilakukan oleh teknologi, yang jelas kata dia, pekerjaan yang bisa digantikan dengan teknologi akan hilang dalam dunia perbankan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka diketahui bahwa BCA hanya memperkirakan akan ada dua jenis pekerjaan yaitu customer service dan teller akan hilang beberapa tahun ke depan.

Rujukan

  • Mafindo
  • Merdeka.com
  • 2 media telah memverifikasi klaim ini