[SALAH] “Jangan lupa besok mulai aturan Facebook baru di mana mereka dapat menggunakan foto Anda. Jangan lupa batas waktu hari ini!”

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 07/06/2020

Berita

Beredar postingan Facebook di bulan Juni 2020 mengenai peringatan untuk menuliskan sejumlah pernyataan pribadi lantaran disinyalir Facebook telah membuat aturan baru yang memungkinkan penggunaan data pribadi akun pengguna.

Berikut kutipan narasinya:

“PERINGATAN.
Jangan lupa besok mulai aturan Facebook baru di mana mereka dapat menggunakan foto Anda. Jangan lupa batas waktu hari ini!!! Ini dapat digunakan dalam kasus pengadilan dalam litigasi terhadap Anda. Semua yang pernah Anda posting menjadi publik mulai hari ini - bahkan pesan yang telah dihapus. Tidak ada biaya untuk salinan dan tempel sederhana, lebih baik aman daripada menyesal.
Saya tidak memberikan Facebook atau entitas yang terkait dengan izin Facebook untuk menggunakan gambar, informasi, pesan, atau postingan saya, baik masa lalu maupun masa depan.
Dengan pernyataan ini, saya memberikan pemberitahuan kepada Facebook, dilarang secara ketat untuk mengungkapkan, menyalin, mendistribusikan, atau mengambil tindakan lain terhadap saya berdasarkan profil ini dan / atau isi dan informasinya. Pelanggaran privasi dapat dihukum oleh catatan hukum: Facebook sekarang menjadi entitas publik. Semua anggota wajib memposting catatan seperti ini.
Jika Anda lebih suka, Anda dapat menyalin dan menempel versi ini. Jika Anda tidak menerbitkan pernyataan setidaknya satu kali, itu akan secara tasit memungkinkan penggunaan foto Anda, serta informasi yang terkandung dalam pembaruan status profil. JANGAN BAGIKAN. Salin dan tempel.
Algoritma baru mereka memilih beberapa orang yang sama - sekitar 25-yang akan membaca postingan Anda.
Oleh karena itu:
Tahan jari Anda di mana pun di postingan ini dan "salinan" akan muncul. Klik "salin". Lalu buka halaman Anda, mulai postingan baru dan letakkan jari Anda di mana saja di kolom kosong. "Tempel" akan muncul dan klik tempel
Ini akan melewati sistem.
SAYA TIDAK MEMBERI IZIN FACEBOOK UNTUK MEMBAGIKAN APAPUN TENTANG YANG TELAH SAYA LETAK DI SITUS MEREKA,. FOTO, KIRIMAN SAAT INI ATAU LAMA, NOMOR TELEPON ATAU EMAIL.. TIDAK ADA YANG BISA DIGUNAKAN DALAM FORMULIR APAPUN TANPA IZIN SAYA.”

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran, diketahui bahwa informasi tersebut sudah dibantah oleh pihak Facebook. Melalui kanal FBFactnya, pihak Facebook menyatakan bahwa pengguna Facebook memiliki semua konten dan informasi yang sudah diunggah di Facebook.

“Anda mungkin sudah melihat kiriman yang meminta Anda untuk menyalin dan menempel pemberitahuan untuk mempertahankan kontrol atas hal yang Anda bagikan di Facebook. Jangan percaya itu. Ketentuan kami sangat jelas: Anda memiliki semua konten dan informasi yang Anda kirimkan di Facebook, dan Anda dapat mengontrol bagaimana kiriman tersebut dibagikan melalui privasi dan pengaturan aplikasi. Seperti itu cara kerjanya, dan belum berubah,” tulis Facebook pada kanal FBFact.

Lalu, penelusuran kepada kebijakan data Facebook pun diketahui bahwa revisi terakhir dibuat pada 19 April 2018. Dengan demikian, belum ada perubahan kebijakan dari Facebook. Adapun, diketahui pula bahwa isu serupa sempat muncul pada tahun 2019.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka klaim narasi tersebut tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

Rujukan

  • Mafindo
  • Kompas
  • 2 media telah memverifikasi klaim ini