[SALAH] J&T Promo Bagi-Bagi Handphone

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 06/06/2020

Berita

Beredar postingan yang menyebutkan perusahaan ekspedisi J&T tengah mengadakan promo membagi-bagikan ponsel. Dalam narasi disebutkan untuk dapat mengikuti promo tersebut harus mengakses laman khusus atau mengontak nomor telepon yang disertakan.

Berikut kutipan narasinya:

“nih Buat Teman-teman yang belum tau info.j&t lagi bagi" promo hadiah handphone sumpah ini bneran dapet, saya iseng" cobain modal 200ribu pulsa untk bayar pajak tiba2 ada kurir j&t
datang nganterin paket hadiah aku samsung s9+ nya Kerumah hpnya baru lagi dan dapat garansi 3bln, yg ngedaftar hari ini sudah pasti dapat semua karena
stock tersedia kalau mau ambil juga buka aja situs webnya : jntyes. com
atau bisa langsung hubunggi no admin di (nomor telepon disamarkan)”

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, pihak J&T Indonesia sudah pernah membantah informasi mengadakan promosi semacam itu di media sosial miliknya. Melalui Instagram resminya (@jntexpressid) J&T menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah memberikan hadiah melalui situs yang tidak resmi.

Berikut isi klarifikasi lengkap pihak J&T Indonesia:

[…] JnT Friends, jangan percaya ya kalau disuruh transfer sejumlah uang dan dijanjikan akan dikirimkan hadiah oleh J&T Express!
Selalu berhati-hati ya, JnT Friends.

Tips #DenganJnT Waspada Penipuan :
1. J&T Express tidak pernah memberikan hadiah melalui situs yang tidak resmi.
2. Waspada apabila terdapat pihak yang mengatasnamakan J&T Express yang menghubungi anda.
3. J&T Express tidak pernah meminta biaya apapun untuk proses klaim hadiah. […]

Lalu, bila dibaca pada kolom komentar sumber, diketahui bahwa akun yang menyebarkan sudah tidak dipegang oleh pengguna aslinya. Disinyalir, akun tersebut telah diretas.

Perlu diketahui, laman resmi milik J&T Indonesia beralamatkan di https://www.jet.co.id/ dan setelah diperiksa di dalam laman tersebut juga tidak ditemukan promo seperti pada klaim narasi.

Kesimpulan

Berdasarkan hal tersebut maka konten yang tersebar mengenai promosi J&T membagi-bagikan ponsel tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

Rujukan

  • Mafindo
  • Merdeka.com
  • 2 media telah memverifikasi klaim ini