[SALAH] Daftar Virus yang Berasal dari China

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 23/05/2020

Berita

Akun Facebook Mark Alexander White mengunggah gambar yang diikuti narasi pada tanggal 8 Maret 2020, yang isi narasinya mengklaim daftar beberapa virus yang berasal dari China.

Berikut narasinya:

“MORE LEFT WING FACEBOOK CENSORSHIP
As famously said “a picture says it all”

Hasil Cek Fakta

Dilansir dari factcheck.afp.com, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), virus Influenza H2N2 dan H3N2 pertama kali dilaporkan di Singapura pada tahun 1957 dan di Amerika Serikat pada tahun 1968, sedangkan virus H5N1 yang menyebabkan penyakit pernapasan parah yang sangat menular pada burung atau dikenal sebagai "Flu Burung" pertama kali dilaporkan pada angsa di provinsi Guangdong, China pada tahun 1996, sedangkan kasus pertama manusia yang terinfeksi H5N1 dilaporkan di Hong Kong pada tahun 1997.

Kemudian SARS, penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh Coronavirus yang berhubungan dengan SARS-CoV pertama kali terdeteksi di provinsi Guangdong, China Selatan pada tahun 2002.

Berikutnya Flu Babi, disebabkan oleh virus Influenza H1N1 yang pertama kali dilaporkan di AS pada tahun 2009, juga Pestivirus Porcine, yaitu virus hewan yang secara resmi dikenal sebagai Atypical Porcine Pestivirus (APPV) yang pertama kali terdeteksi di antara anak babi di Austria pada tahun 2013, yang terakhir COVID-19, adalah penyakit yang disebabkan oleh Novel Coronavirus, virus ini pertama kali dilaporkan di kota Wuhan, Cina pada Desember 2019, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kesimpulan

Atas penjelasan tersebut informasi yang mengklaim daftar virus yang berasal dari China adalah tidak benar dan masuk ke dalam kategori konten yang salah.

Rujukan

  • Mafindo
  • AFP
  • ANTARA News
  • 3 media telah memverifikasi klaim ini