[SALAH] Lowongan Pekerjaan PT Timah Persero Tbk 2019

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 29/07/2019

Berita

Beredar informasi lowongan pekerjaan atas nama perusahaan PT Timah (Persero) Tbk. Dalam informasi itu disebutkan bahwa PT Tima tengah membutuhkan pekerja di beberapa bidang. Adapun, di akhir informasi tersebut terdapat alamat surel (surat elektronik) atau email corsec.pttimah@asia.com.

Berikut kutipan narasinya:

Lowongan Kerja Staff Administrasi PT TIMAH Persero Tbk 2019
PT Timah Tbk - Batam
PT Timah (Persero) Tbk telah berdiri sejak tanggal 02 Agustus 1976 dan merupakan badan usaha milik negara (BUMN) yang terdepan dalam bidang eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran bahan baku timah dan turunannya. Selain itu PT Timah Tbk telah melantai di bursa efek indonesia sejak tahun 1995 dengan kode emiten “TINS”.

Posisi yang dibutuhkan :

1. Manager Service
2. Kepala Produksi
3. Staff Administrasi
4. Sekretaris
5. Supervisior
6. Customer Service
7. Industri
8. Kimia / Teknik Lingkungan
9. Manajemen Bisnis / Niaga
10. Keuangan
11. Akuntasi
12. Komunikasi

Persyaratan :
1. Pria/Wanita, usia maksimal 19 tahun ke Atas
2. Pria, pengalaman minimal 1 tahun (1,4,5)
3. Pendidikan SMK,DI,D2 D3,D4, S1, S2, S3 semua jurusan
4. Bersedia ditempatkan di wilayah kerja PT.Timah Tbk

Kelengakapan berkas lamaran :
1. Surat lamaran dan Daftar Riwayat Hidup
2. Foto Copy ijazah dan transkrip
3. Foto Copy KTP
4. Pasphoto ukuran 4 x6 cm
5. No.HP/Tlpn
6. Email

Kirimkan lamaran dan CV lengkap via email: (corsec.pttimah@asia.com)

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa informasi tersebut salah atau tidak benar. pihak PT Timah telah memberikan klarifikasi terkait informasi lowongan pekerjaan tersebut. Melalui akun Twitternya (@Official_TIMAH), pihak PT Timah menjelaskan bahwa bila ada lowongan pekerjaan dari perusahaan tersebut maka akan berasal dari media sosial milik perusahaan dan laman timah.com.

Adapun, untuk alamat surel PT Timah, disebutkan bahwa alamat surelnya menggunakan domain @pttimah.co.id dan tidak menggunakan alamat surel @asia.com. Berikut kutipan klarifikasi dari PT Timah:

[…] #sobatTINS
Pastikan informasi rekrutmen berasal dari media sosial resmi PT Timah Tbk atau website (link: http://www.timah.com) timah.com serta hanya menggunakan email resmi PT Timah Tbk dengan domain (link: http://Pttimah.co.id) Pttimah.co.id dan tidak menggunakan free email akun seperti (link: http://asia.com) asia.com. […]

Diketahui pula, klarifikasi PT Timah itu sudah diedarkan sejak 31 Mei 2019. Hal itu menunjukkan bahwa informasi lowongan pekerjaan yang beredar sudah dibantah sejak lama.

Bila melihat dari situs resmi PT Timah, yakni timah.com, tertulis dengan jelas kontak dan nama akun media sosial milik perusahaan itu. Berikut kontak dan nama akun resmi milik PT Timah:

[….] Kantor Pusat
Jl. Jenderal Sudirman 51
Pangkal Pinang 33121,
Bangka, Indonesia

Tel. +62 717 425 8000
Fax. +62 717 425 8080
corsec@pttimah.co.id
Twitter @official_TIMAH
Fanpage Facebook : @officialtimah
IG : @officialtimah
Youtube : @officialtimah […]

Kesimpulan

Atas penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa informasi lowongan pekerjaan PT Timah yang beredar dengan mencantumkan alamat surel corsec.pttimah@asia.com bukan berasal dari manajemen PT Timah. Dengan demikian, informasi tersebut masuk kategori fabricated content.

Rujukan

  • Mafindo
  • ANTARA News
  • 2 media telah memverifikasi klaim ini