[SALAH] Deddy Dhukun Meninggal

Sumber: whatsapp.com
Tanggal publish: 16/07/2019

Berita

Beredar di kalangan wartawan pesan berantai yang menyebutkan bahwa Deddy Dhukun telah meninggal dunia. Dalam pesan itu disebutkan bahwa meninggal di RS An Nisa Tangerang. Berikut kutipan narasinya:

Berita Duka...
Telah meninggal Dunia pagi ini, Selasa, 16 Juli'2019 pada jm.06.20 di RS An Nisa Tangerang saudaraku tercinta yg kita kenal sebagai Deduk / Deddy Dhukun dalam usia 65 tahun...
Mohon Doa' nya dan agar dimaafkan segala kesalahannya...
Akan dimakamkan hari ini di tanah kusir

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Glenn Roty, Produser 2D (grup bernaungnya Deddy Dhukun) membantah kabar tersebut. Glenn mengatakan, di malam sebelumnya, yakni Senin 15 Juli 2019, Deddy masih beraktivitas seperti biasa.

“Kayaknya nggak deh, nggak itu nggak bener. Hoaks. Karena nggak mungkin kalau Deddy Dhukun kena serangan jantung ya. Soalnya kemaren malem tuh masih kumpul-kumpul,” kata Glenn.

Tak hanya itu, menurut Glenn ada kejanggalan dalam pesan tersebut. Sebab, dalam pesan itu disebutkan Deddy dibawa ke sebuah rumah sakit di bilangan Tangerang. Padahal, menurut Glenn, kediaman Deddy Dhukun di daerah Ciganjur, Jakarta Selatan.

“Kalau misalnya kena serangan jantung nggak mungkin jauh-jauh dibawa ke Tangerang. Rumahnya kan di Ciganjur. Paling dia ke Depok atau ke Bogor atau ke Pondok Indah,” dia melanjutkan.

Perihal kabar itu pun sampai ke Deddy Dhukun. Penyanyi yang beken di tahun 80-an itu menepis kabar dirinya telah meninggal dunia. Deddy menyatakan, dirinya masih sehat walafiat. “Itu gosip brother. Deddy Dhukun sehat walafiat. Hahaha,” kelakar Deddy.

Deddy pun merasa heran dirinya dikabarkan seperti demikian. “Semalam (Deddy Dhukun) dikabarkan sakit, tadi pagi dikabarkan meninggal,” ucap Deddy heran.

Meski begitu, Deddy tak mau berburuk sangka. Teman duet mendiang Dian Pramana Poetra ini tetap berpikir positif. “Ya enggak tahu itu kerjaannya siapa. Mungkin yang meninggal Deddy Dhukun yang lain,” ucapnya.

Rujukan

  • Mafindo
  • Detik
  • Kompas
  • Liputan 6
  • Suara.com
  • VIVA
  • 6 media telah memverifikasi klaim ini