[SALAH] Menpora Imam Nahrawi Mundur Dari Jabatannya

Sumber: whatsapp.com
Tanggal publish: 02/05/2019

Berita

Beredar pesan berantai melalui aplikasi pesan Whatsapp tentang mundurnya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Dalam pesan itu, tidak disebutkan kapan tanggal dan sumbernya secara jelas. Berikut narasinya:

INFO
Dari sebelah

Imam Nahrawi kabarnya malam ini mau mengundurkan diri sebagai menpora tp blm tahu lokasi di istana atau dmn

pantau semuanya ya

Hasil Cek Fakta

Setelah melakukan penelusuran, diketahui bahwa pesan tersebut tidak benar. Sebab, beberapa pihak terkait sudah memberikan bantahannya. Bantahan pertama dari Deputi Pengembangan Pemuda di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Asrorun Niam Sholeh pada 30 April 2019 menyatakan bahwa kabar tersebut hoaks. Apalagi, saat diminta keterangannya oleh awak media, Asrorun menyatakan dirinya tengah bersama Imam saat diminta konfirmasi.

“Itu hoaks. Info dari siapa? Ini saya lagi sama dia (Imam),” kata Asrorun saat dihubungi awak media pada Selasa Malam, 30 April 2019.

Asrorun menjelaskan, pertemuan antara Menpora dengan Presiden Joko Widodo membahas SEA Games.

Senada dengan Asrorun, Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto pun membantahnya. Menurut Gatot, kabar pengunduran diri Imam Nahrawi yang telah diterima awak media hanya rumor belaka alias hoaks.

“Enggak benar, karena enggak ada info. Hoaks,” ujar Gatot.

Bantahan kedua dinyatakan oleh elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Lukmanul Khakim menegaskan, isu tersebut adalah hoaks. “Tidak benar. Itu hoax. Tidak tahu siapa yang menyebarkan. Mas Imam masih Menpora,” kata Lukman.

Senada dengan Lukman, Ketua DPP PKB, Abdul Kadir Karding menyatakan hal yang sama, yakni isu mundurnya Imam sebagai Menpora adalah hoaks. Ia menekankan bahwa kedatangan Imam ke Istana untuk menemui Jokowi bukan pamitan sebagai menteri. Namun, ada pembahasan terkait persiapan Sea Games 2019.

“Enggak benar itu. Saya sudah ngomong ke mas Imam. Itu kan ke Istana ngomong soal Sea Games 2019 di Filipina,” tutur Karding.

Dan, bantahan terakhir dikemukakan oleh Imam Nahrawi sendiri. Ia menegaskan, isu yang menyatakan dirinya mengundurkan diri dari jabatannya merupakan hoaks. “Wah, itu berita hoaks,” kata Imam.

Imam mengaku, baru mengetahui mengenai pesan broadcast yang menyebut kehadirannya ke Istana sore ini untuk menyampaikan permohonan pengunduran diri kepada Presiden Jokowi. “Wah, saya kok baru dengar,” ujar Imam.

Menurut Imam, pertemuannya dengan Jokowi untuk membahas persiapan SEA Games 2019 dan Olimpiade 2020. “Soal persiapan menuju SEA Games 2019 dan Olimpiade 2020,” sambungnya.

Rujukan

  • Mafindo
  • Berita Satu
  • Detik
  • Kompas
  • Tempo
  • 5 media telah memverifikasi klaim ini