[SALAH] Potongan Langsung Alfamart Untuk Bayar Sembako Pilpres

Sumber: Media Sosial Instagram
Tanggal publish: 06/04/2019

Berita

Hati hati belanja di Alfamart Ternyata ada tambahan potongan langsung 10rb utk bayar sembako pilpres....

☝HATI2 , mulai sekarang belanja di *alfamart* ada pembebanan *Rp. 10.000,-* utk donasi kepentingan misi grup 02 Hrs teliti !!!

Hasil Cek Fakta

Beredar di media sosial postingan tentang potongan langsung dari Alfamart untuk sumbangan sembako Pilpres. Dalam postingan yang beredar, terdapat foto struk belanja dari Alfamart di daerah Cimalati. Pada bagian bawah struk tersebut tertera tulisan “DONASIKU SEMBAKO GRATIS” disertai jumlah uang Rp10ribu.

Dari hasil penelusuran, diketahui bahwa postingan itu tidak benar. Dilansir dari liputan6.com dan antaranews.com, Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Nur Rachman menegaskan, kabar yang beredar di media sosial itu merupakan hoaks.

Nur menjelaskan, pihaknya memiliki standar operasional prosedur (SOP) jika menawarkan donasi kepada konsumen. Petugas kasir diwajibkan menanyakan ke konsumen apakah berkenan memberikan donasi.

“Jadi tidak ada sistem potong langsung. Kasir wajib menawarkan dahulu kepada konsumen apakah bersedia untuk berdonasi? Jika tidak, uang akan dikembalikan,” jelas Nur.

Adapun, Nur Rachman juga menjelaskan terkait foto dalam postingan yang telah beredar. Ia menjelaskan, kejadian tersebut merupakan salah input kasir kepada konsumen bernama Ibu Rahmi saat berbelanja di toko SAT Cimalati (X070), Jawa Barat, pada 27 Maret 2019.

“Saat itu, Ibu Rahmi dilayani oleh kasir atas nama Heryan Aslam (18122000) dengan total belanjaan sebesar Rp23.900 dan melakukan pembayaran dengan uang tunai sebesar Rp100.000 dengan kembalian tertera di layar sebesar Rp76.100,” terangnya.

Setelah itu, kasir melakukan penawaran donasi kepada konsumen tersebut sebesar Rp100 dengan ungkapan "Seratus rupiahnya boleh buat donasi bu?" dan konsumen tersebut menjawab bahwa ia bersedia untuk melakukan donasi Rp100.

“Jadi, kembalian konsumen seharusnya Rp76.000, tetapi kasir salah input donasi menjadi Rp10.000 dan langsung cash end. Saat itu juga kasir mengonfirmasi kepada kosumen tersebut bahwa ia salah input donasi dan menggantinya dengan uang tunai, sehingga konsumen tetap mendapatkan kembalian utuh sebesar Rp76.000,” papar Nur.

Nur mengatakan, atas kejadian itu, pihaknya sudah menyampaikan permohonan maaf kepada konsumen bernama Ibu Rahmi. “Kami telah menyampaikan permohonan maaf kepada Ibu Rahmi. Kami pun telah menjelaskan bahwa saat transaksi telah terjadi human error atau kesalahan dalam memasukkan nilai donasi oleh kasir, namun sudah diganti dengan uang tunai. Kami juga telah menghubungi kembali ke konsumen dan tidak mempermasalahkan lagi setelah menerima penjelasan,” ungkap Nur.

Rujukan

  • Mafindo
  • Liputan 6
  • ANTARA News
  • 3 media telah memverifikasi klaim ini