Prabowo Subianto : "Ibu saya seorang Nasrani, saya lahir dari rahimnya seorang Nasrani"

Sumber: Debat Pilpres 2019
Tanggal publish: 30/03/2019

Berita

Prabowo menegaskan kembali bahwa ibu kandungnya adalah seorang perempuan beragama Kristen.

"Ibu saya seorang Nasrani, saya lahir dari rahimnya seorang Nasrani. Jadi saya dari umur 18 tahun pertaruhkan nyawa saya untuk membela Pancasila. Nyawa saya, saya pertaruhkan untuk republik ini. Bagaimana kok saya dituduh akan mengubah Pancasila sungguh kejam itu, tapi saya percaya," kata Prabowo Subianto dalam debat capres ke-4 di Jakarta, Sabtu 30 Maret 2019.

Hasil Cek Fakta

Bukan kali pertama Prabowo menekankan bahwa ibunya seorang Kristen. Diketahui Prabowo memang juga memiliki saudara-saudara kandung yang berbeda agama dengannya. Ibu Prabowo bernama Dora Sigar yang merupakan istri begawan ekonomi Indonesia, Sumitro Djojohadikusumo. Dilansir dari berbagai media massa dan Dora Marie Sigar lahir di Manado pada 21 September 1921.

Dora Marie Sigar bahkan disebutkan bertemu pertama kali dengan Profesor Sumitro Djojohadikusumo tahun 1945 di sebuah acara mahasiswa Kristen Indonesia di Rotterdam, Belanda. Dora merupakan seorang blasteran Jerman-Manado. Ayahnya bernama Philip FL Sigar dan ibunya bernama N Maengkom.

Dikutip dari berita VIVA beberapa saat lalu, Prabowo pernah menyebut hal itu. Lihat link https://www.viva.co.id/pemilu/berita-pemilu/1133288-lahir-dari-ibu-kristen-prabowo-tak-mungkin-saya-dukung-islam-radikal

Sementara adiknya Hasyim juga pernah mengenang sang ibu saat Dora berpulang. Dia pernah membeberkan profil sang ibu di rumah duka, di Jalan Metro Kencana IV/27-BA22, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa, 23 Desember 2008 saat Dora meninggal dunia.

Lihat link di sini: https://www.viva.co.id/berita/nasional/17434-hasyim-kenang-ibunya-penyayang-pengasih.

Rujukan

  • VIVA
  • 1 media telah memverifikasi klaim ini