[SALAH] Video George Bush Kesulitan Berbicara setelah Menghina Al Quran

“mantan prasiden bush dulu menghina. alquran mari kita muhasabah diri jgn sesekali menhina islam dan kalam allah”

Akun Facebook dengan nama pengguna “Nur Dianto” (https://www.facebook.com/profile.php?id=100075475599272) mengunggah sebuah video yang menunjukkan mantan Presiden Amerika Serikat, George Bush yang tengah berpidato. Dalam video tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa Bush menghina Al Quran dalam pidatonya dan langsung mengalami kesulitan berbicara. Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan hasil gabungan dari dua video yang berbeda. Bagian awal video merupakan video konferensi pers terakhir Bush pada 13 Januari 2009. Dalam kesempatan tersebut, Bush mengucapkan terima kasih atas kinerja media selama masa pemerintahannya. Video tersebut telah diunggah oleh kanal YouTube “C-SPAN” pada 13 Januari 2009 dengan judul video “Pres. Bush’s Last Press Conference”. Sedangkan, bagian video saat Bush mengalami kesulitan berbicara merupakan hasil suntingan video konferensi pers akhir tahun pada 20 Desember 2006. Adapun kesulitan berbicara yang dialami Bush tidak berlangsung secara terus menerus, melainkan terjadi di beberapa kesempatan yang berbeda. Versi lengkap dari pidato tersebut telah diunggah oleh kanal YouTube “AP Archive” pada 31 Juli 2015 dengan judul video “President George W. Bush takes questions on Iraq at a year-end news conference”. Lebih lanjut, tidak ditemukan bukti bahwa Bush menghina Al Quran dan agama Islam. Melansir dari arsip Gedung Putih, Bush dalam beberapa kesempatan memberikan pidato yang menyatakan bahwa Islam adalah agama yang damai. Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Nur Dianto” (https://www.facebook.com/profile.php?id=100075475599272) tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A. Video hasil suntingan. Faktanya, video tersebut merupakan hasil gabungan dari dua video yang berbeda. Bagian awal video merupakan video konferensi pers terakhir George Bush pada 13 Januari 2009, sedangkan bagian video saat Bush mengalami kesulitan berbicara merupakan hasil suntingan video konferensi pers akhir tahun pada 20 Desember 2006.

https://www.youtube.com/watch?v=ZZkKTTZuxO8 https://www.youtube.com/watch?v=mdkciQVtQig https://georgewbush-whitehouse.archives.gov/infocus/ramadan/islam.html

Publish date : 2022-06-07