[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel Aspek.id “Anies menyakinkan pada warga apabila formula E di laksanakan Jakarta tidak akan banjir lagi”

“Anies menyakinkan pada warga apabila formula E di laksanakan Jakarta tidak akan banjir lagi”

Akun Facebook Sandro Novan memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel milik aspek.id. Artikel tersebut berjudul “Anies menyakinkan pada warga apabila formula E di laksanakan Jakarta tidak akan banjir lagi”. Setelah ditelusuri melalui website aspek.id dengan mengacu pada potongan caption gambar dan nama editor yaitu Zamzami Ali ditemukan artikel asli berjudul “Anies Ajak Masyarakat Gotong Royong Tangani Banjir”. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak di gambar artikel kemudian terdapat keterangan rubrik NEWS. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda. Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel aspek.id telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Anies Ajak Masyarakat Gotong Royong Tangani Banjir” sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta). Gambar tersebut telah disunting pada bagian judul. Faktanya, judul yang asli adalah “Anies Ajak Masyarakat Gotong Royong Tangani Banjir”.

https://aspek.id/anies-ajak-masyarakat-gotong-royong-tangani-banjir/

Publish date : 2022-05-29