[SALAH] Hari ini kantor DPRD Palembang di gempur perlawanan mahasiswa

Beredar video demo mahasiswa yang diklaim terjadi baru baru ini di depan kantor DPRD Palembang di Twitter yang diunggah pada 7 April 2022. NARASI: “Mahasiswa Palembang benar2 melawan !!! Hari ini kantor DPRD Palembang di gempur perlawanan mahasiswa Panjang Umur Perjuangan ✊ Panjang Umur Perlawanan 👊”

Faktanya, ditemukan video identik di kanal Youtube Tribunnews dengan judul “Video Demo Mahasiswa Ricuh di Depan DPRD Sumsel” yang diunggah pada 24 September 2019. Dalam caption video tersebut dijelaskan bahwa video itu adalah aksi unjuk rasa ribuah mahasiswa di depan kantor DPRD Sumsel, Selasa (24/9/2019), akhirnya ricuh. Ditemukan juga video identik yang diunggah melalui akun Facebook Kebodohan Publik pada 24 September 2019. Dilansir dari detik.com aksi demo tersebut berakhir setelah Ketua DPRD Sumsel sementara, RA AnitaNoeringhati dan Giri Ramandha Kiemas, menemui pendemo. Dalam pertemuan itu, Anita mengatakan akan menyampaikan aspirasi mahasiswa ke DPR. Terutama tuntutan dan menolak RUU KUHP, KPK, UU Minerba, hingga UU Pertanahan. Berdasarkan penjelasan, klaim demo mahasiswa Palembang yang terjadi baru baru ini adalah keliru dan masuk dalam kategori konteks yang salah.

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada) Bukan demo mahasiswa Palembang tanggal 7 April 2022, video demo mahasiswa yang disebarkan adalah video demo mahasiswa ricuh di depan DPRD Sumsel pada 24 September 2019.

https://www.youtube.com/watch?v=qfsMcGvnbXg https://www.facebook.com/watch/?v=1886254504810774 https://news.detik.com/berita/d-4720175/ditemui-ketua-dprd-sumsel-mahasiswa-akhiri-demonstrasi

Publish date : 2022-04-10