[SALAH] 5G Dapat Mengganggu Keamanan Penerbangan yang Berarti Juga Berbahaya Bagi Kesehatan Manusia

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia) “Hmm… Hanya akan menuliskan ini di sini. Jika kalian mengerti, bagus! Jika tidak, maka aku akan menjelaskannya dalam sebuah video nanti. Pikirkan tentang dampaknya bagi kesehatan… #health #agenda #fitness”.

Akun Instagram @muzzlefree mengunggah tangkapan layar dari laman berita Travel+ Leisure yang berjudul “New FAA Warning Says 5G Technology Could Potentially Interfere with Airplane Safety” dan menuliskan penjelasan bahwa hal tersebut juga dapat berpengaruh bagi kesehatan manusia. Banyak pengguna Instagram yang tidak hanya menyukai postingan tersebut, tetapi juga menyetujui pernyataan yang ditulis @muzzlefree. Berdasarkan hasil penelurusan, FAA (Federal Aviation Administration) memang mengumumkan bahwa 5G dapat memengaruhi beberapa instrumen penting penerbangan seperti altimeter, yang beroperasi dalam kisaran frekuensi 4,2-4,4 GHz. Menara baru untuk menyebarkan jaringan 5G yang dibangun AT&T dan Verizon dinilai terlalu dekat dengan kisaran frekuensi tersebut. AT&T dan Verizon kemudian bersedia untuk mematikan jaringan nirkabel yang berdekatan dengan area krusial bandara. Namun, hal tersebut tidak ada pengaruhnya bagi kesehatan manusia sama sekali. Klaim tersebut telah dijelaskan oleh WHO pada 2020 lalu. WHO menyatakan bahwa “tidak ada efek kesehatan yang merugikan yang dikaitkan secara kausal dengan paparan teknologi nirkabel 5G”. Informasi serupa juga pernah dibahas oleh Deloitte dengan artikel yang berjudul “5G is not hazardous to your health: Busting the radiation risk myth” dan menyebutkan bahwa 5G bahkan lebih aman dibandingkan beberapa jaringan seluler sebelumnya. Dengan demikian, informasi yang ditulis oleh akun Instagram @muzzlefree dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan karena berita FAA mengenai jaringan 5G yang dapat mengganggu penerbangan digunakan untuk membungkus sebuah isu.

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra. Informasi yang salah. Faktanya, tidak ada hubungannya antara 5G yang dapat mengganggu penerbangan dengan dampak negatifnya bagi kesehatan manusia.

https://www.faa.gov/newsroom/faa-statements-5g https://www.who.int/news-room/questions-and-answers/item/radiation-5g-mobile-networks-and-health https://www2.deloitte.com/us/en/insights/industry/technology/technology-media-and-telecom-predictions/2021/5g-radiation-dangers-health-concerns.html

Publish date : 2022-02-06