[SALAH] Video Biden Merayakan Ulang Tahun Tanpa Masker

“This is our Government having a Birthday Party today for Joe Biden. They’re telling us to Social Distance & Wear Mask! But as you can see…they’re not! It’s all Lies to Control Us!” Terjamahan ke bahasa Indonesia: “Ini adalah Pesta Ulang Tahun Pemerintah kita hari ini untuk Joe Biden. Mereka menyuruh kita untuk Jaga Jarak & Pakai Masker! Tapi seperti yang Anda lihat … mereka tidak! Itu Semua Bohong untuk Mengontrol Kita!”

Beredar sebuah narasi yang diunggah MSTRISH KAG‏ (@/mspdcali) pada tanggal 20 November 2020 ke media sosial Twitter yang menyebutkan bahwa pesta ulang tahun Biden tidak menggunakan masker dan jaga jarak. Cuitan ini mendapat atensi cukup banyak dengan 890 kali di cuit ulang, 177 kali dibalas, dan 875 menyukai. Melansir dari laman pemeriksa fakta Snopes, video pertama kali diunggah oleh Keisha Lance Bottoms, walikota Atlanta yang mengucapkan selamat ulang tahun kepada Joe Biden. Namun, salah seorang pengguna Twitter (@/mspdcali) langsung menyatakan bahwa video yang diunggah Keisha merupakan pesta ulang tahun Biden yang tidak memperhatikan protokol kesehatan. Hal itu pun langsung diklarifikasi oleh Keisha Lance Bottoms, bahwa video tersebut merupakan video ulang tahun Biden tahun 2019 dan belum terjadi pandemi Covid-19. “Pre-Covid! This was in the @TPStudios White House following the @DNC @msnbc debate on 11/20/19.” tulis Keisha di akun pribadinya (@KeishaBottoms) sejam setelah video tersebut ia unggah pada 20 November 2020. Dengan demikian, narasi yang beredar salah, video tersebut diambil pada tahun 2019 sebelum pandemi terjadi dan masuk dalam kategori konten yang salah.

Hasil Periksa Fakta Muhammad Padhliansyah (Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin) Narasi yang salah. Faktanya, video yang menampilkan Joe Biden merayakan ulang tahun tanpa masker itu diambil pada tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

https://www.snopes.com/fac…/biden-maskless-birthday-video/ https://www.latinpost.com/…/joe-biden-really-come… https://news.knowledia.com/…/does-a-video-show-a…

Publish date : 2020-11-24