[SALAH] Video Najwa Shihab Membongkar 3 Rahasia Yessy Kirana Yudha

Channel YouTube Faktual TV pada 15 Desember 2022 mengunggah sebuah video dengan klaim judul bahwa Najwa Shihab membongkar 3 rahasia milik Yessy Kirana Yudha, seorang perempuan asal Purwakarta yang viral setelah batal nikah karena meminta mahar berupa sertifikat rumah. Pada awal video tersebut, tampak Najwa Shihab yang sedang membahas mengenai definisi cantik yang menurutnya tidak bisa didikte oleh orang lain.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ada satupun video di sosial media yang menunjukkan pertemuan antara Najwa Shihab dengan Yessy, apalagi sampai membongkar rahasia milik Yessy. Diketahui foto thumbnail yang menampilkan Najwa Shihab dan Yessy yang sedang duduk bersebelahan itu merupakan hasil rekayasa. Nyatanya, hasil tangkapan foto tersebut diambil dari video perbincangan Najwa Shihab dengan komika Kiky Saputri yang diunggah pada 14 Oktober 2022 di channel Youtube milik sang komika. Selain itu, diketahui pula bahwa potongan video Najwa Shihab yang ditampilkan pada unggahan tersebut adalah video yang diunggah sendiri oleh channel YouTube milik Najwa Shihab pada 21 April 2020 lalu (https://www.youtube.com/@NajwaShihab). Dalam video asli milik Najwa Shihab atau yang lebih akrab dipanggil Nana, jurnalis senior sekaligus pemandu program gelar wicara Mata Najwa itu membahas sebuah topik mengenai definisi cantik yang dapat ditentukan sendiri oleh setiap individu dan tidak bisa didikte oleh ukuran yang dibuat orang lain.

Unggahan video dengan klaim bahwa Najwa Shihab membongkar 3 rahasia milik Yessy Kirana Yudha adalah konten yang salah karena judul atau keterangan tidak mendukung isi video. Faktanya, tidak ada video yang menampilkan Yessy Kirana Yudha dengan Najwa Shihab, apalagi sampai membongkar rahasia milik Yessy.

https://www.youtube.com/watch?v=H6E4MGypdPQ https://www.youtube.com/watch?v=tC3usNNPBTc

Publish date : 2023-01-24