[SALAH] EMAIL PROGRAM KERJA SAMA SHOPEE DAN MAXIM BERHADIAH RP3 JUTA

Akun Twitter bernama @Jinnymyeonni mengunggah sebuah tangkapan layar berisi Email seputar informasi kerja sama yang dilakukan oleh dua pihak yakni antara Shopee Indonesia dengan Maxim. Menurut narasi yang terdapat pada badan Email tersebut, penerima Email diminta untuk mengklik tautan dengan iming-iming akan mendapat dana sejumlah Rp3.000.000. NARASI: Hai , ini hasil kerja sama maxim dan Shopee Terima kasih sudah memverifikasi dan pastikan juga untuk Upgrade SPaylater atau SPinjam Sebagai Syarat untuk proses menerima Dana Pemenang Shopee Promo Rp 3.000.000. http://bit[dot]ly/hubungkan-kredivo https://shopee[dot]co[dot]id/m/pelajaro-spinjam https://shopee[dot]co[dot]id/m/SPayLater-Beli-Sekarang-Bayar

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui jika informasi yang terdapat pada email tidak sesuai fakta. Hal tersebut berdasar dari klarifikasi yang diberikan secara resmi oleh pihak Shopee Indonesia. Melalui laman Twitternya @ShopeeID mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dengan tidak memberikan informasi seputar data pribadi dan tidak mengklik tautan yang berasal dari akun tidak resmi. “Hai kak, maaf atas ketidaknyamanannya. Terkait kendala dihubungi oleh pihak yg mengatasnamakan Shopee. Mimin infoin mohon utk tdk menginformasikan data pribadi km ke pihak lain ya kak agar akun km selalu aman. Jangan pernah klik link yang diberikan juga ya kak. Informasi resmi seputar shopee bisa kamu cek di sosial media resmi Shopee (centang biru atau verified), website resmi Shopee dan aplikasi Shopee. Klo terdapat pertanyaan lainnya terkait Shopee bisa DM mimin melalui twitter @ShopeeID. Sehat selalu,” tulis pihak Shopee Indonesia. Berdasar pada seluruh referensi, informasi yang terdapat pada Email dengan narasi seputar kerja sama yang dilakukan oleh Shopee Indonesia dan Maxim adalah tidak sesuai fakta alias hoaks. Unggahan tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori fabricated content atau konten palsu.

Pihak Shopee secara resmi telah menyampaikan jika informasi yang dikirimkan melalui Email tersebut tidak sesuai dengan fakta alias hoaks.

https://twitter.com/Jinnymyeonni/status/1611343632308785154?

Publish date : 2023-01-11