[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel Kompas.com “Heru Budi minta anggota Banser segera sunat Infak masjid dan shadaqoh”

“Heru Budi minta anggota Banser segera sunat Infak masjid dan shadaqoh” Caption “Yg sadis mana ya? Yang radikal atau yg nyedot2 infak radikal?”

Akun Facebook Ponny Anggoro (https://web.facebook.com/ponny.anggoro) memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel Kompas.com. Artikel tersebut berjudul “Heru Budi minta anggota Banser segera sunat Infak masjid dan shadaqoh”. Setelah ditelusuri melalui website Kompas.com dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 30 Oktober 2022 pukul 12.24 WIB ditemukan artikel asli berjudul “Temui Banser NU, Heru Budi Berpesan Harus Siap Jalankan Bela Negara”. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak di gambar artikel. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda. Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel Kompas.com telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Temui Banser NU, Heru Budi Berpesan Harus Siap Jalankan Bela Negara” sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta). Gambar tersebut telah disunting pada bagian judul. Faktanya, diketahui bahwa tangkapan layar tersebut berasal dari artikel milik Kompas.com berjudul “Temui Banser NU, Heru Budi Berpesan Harus Siap Jalankan Bela Negara”. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/10/30/12242881/temui-banser-nu-heru-budi-berpesan-harus-siap-jalankan-bela-negara

Publish date : 2022-12-17